Mengenal Sejarah Lewat Destinasi Wisata Gedung BAT Cirebon

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu kota yang terkenal dengan wisata religinya. Cirebon ternyata memiliki banyak destinasi wisata sejarah seperti Gedung BAT yang bisa dikunjungi saat liburan.

Gedung BAT atau British American Tobacco merupakan salah satu wisata Cirebon yang dulunya berfungsi sebagai pabrik rokok. Saat ini, kalian bisa mengunjunginya sebagai tempat wisata.

Disana kalian akan disuguhkan dengan desain arsitektur bangunan bergaya eropa jaman dulu, dengan begitu kalian akan merasakan sensasi liburan di eropa dahal kalian sedang berada di Cirebon.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Sumbang Angka Pengangguran, SMK Akan Dievaluasi

Selain itu, disana kalian bisa menemukan beberapa spot foto menarik. Hal tersebut, bisa kalian lakukan untuk mengabadikan momen agar terlihat lebih menarik dan elegan jika di Upload di media sosial.

Menurut sejarah, Bangunan BAT dibangun pada jaman kolonialisme Belanda, yaitu 1924. Tahun pembangunannya terpampang di dinding bagian depan bangunan tua itu. Sudah berumur sekitar 97 tahun sekarang.

Baca Juga:  Dahnil: Cak Imin Punya Massa, Jokowi Gak Jelas

Tentunya bangunan ini menjadi salah satu saksi sejarah Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan dahulu. Pada bagian tengah Gedung BAT tertera tulisan “Anno 1924″ sesuai selesainya renovasi gedung merupakan bangunan dua lantai simetris dengan luas bangunan keseluruhan mencapai 1,1 hektare yang berdiri diatas tanah seluas 1,6 ha lebih.

Sayangnya, gedung bersejarah ini tidak sembarangan orang bisa masuk. Pemiliknya menerapkan penjagaan cukup ketat. Para pengunjung hanya bisa menikmati keindahan gedung dari luar saja. Paling dekat hanya berjalan di trotoar yang cukup luas dan dihiasi pot bunga ukuran besar.

Baca Juga:  Inilah Pesan Aher Untuk Kepala BI Jabar

Pada malam hari, lokasi tempat wisata sejarah Gedung BAT ini sering digunakan oleh kalangan remaja untuk nongkrong sambil menikmati jajanan yang ada di sekitaran gedung bersejarah tersebut. (Mal)