’Siluman’ Bikin Kota Banjar Aman Di Malam Hari

JABARNEWS| BANJAR – Sebagai upaya mengantisipasi kejahatan jalanan, Polresta Banjar membentuk tim khusus yang diberi nama Tim Siluman. Tim yang nantinya ditugaskan untuk memberantas kejahatan jalanan dan kriminal lainnya itu, memiliki kepanjangan Sigap, Luwes, Mantap.

Tim ini dibentuk Kapolresta Banjar, AKBP Matrius. Tim ini beranggotakan 25 orang yang terdiri dari Unit Sabhara, Satlantas, Satreskrim, dan Intel.

Sebelum dibentuk, ke-25 anggota yang tergabung dalam Tim Siluman ini mendapat porsi latihan yang cukup keras dan disiplin dari para pimpinan. Latihan yang diberikan meliputi latihan fisik dan menembak taktis selama dua minggu.

Meski baru dibentuk 3 Agustus 2018, Tim Siluman mampu menunjukkan kinerjanya. Salah satunya menggerebek tiga remaja yang berpesta narkoba jenis tembakau Gorila, di kos-kosan di Jalan Dewi Sartika, Lingkungan Parunglesang, Kelurahan Banjar, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jumat (03/08/2018) malam, sekitar pukul 21.30.

Baca Juga:  Inilah Lima Wisata Cirebon Yang Hits, Banyak Dikunjungi Wisatawan Lokal

Kapolresta Banjar, AKBP Matrius mengatakan, Tim Siluman yang dipimpin Ipda Muhyanto, memiliki fungsi sebagai penggebrak dalam mengatasi bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Ditambah, kejahatan jalanan seperti perampasan kendaraan, jambret, dan lain-lain.

’’Dibentuknya Tim Siluman ini untuk mencegah ulah aksi gerombolan motor atau kejahatan jalanan yang sangat meresahkan masyarakat. Selain mencegah kejahatan jalanan, tim ini difungsikan untuk memburu pelaku curanmor, curas, dan gangguan kamtibmas lainnya,’’ jelasnya seperti dikutip harapanrakyat.com.

Bahkan, Kapolresta Banjar memerintahkan Tim Siluman untuk melakukan tembak di tempat terhadap pelaku kejahatan jalanan yang melawan saat akan ditangkap. Selain berpatroli dan memburu pelaku kejahatan, Tim Siluman juga ditugaskan melakukan penggalian informasi yang beredar di masyarakat.

Baca Juga:  Akhmad Syaikhu: Saya Maju di Pilgub Jabar Sesuai Perintah

’’Alhamdulillah, selama ini di Banjar selalu kondusif. Kalaupun pun ada pelaku kejahatan jalanan dan membahayakan nyawa orang, saya intruksikan tembak di tempat,” jelas AKBP. Matrius.

Sementara itu, Katim Siluman Polresta Banjar, Ipda. Muhyanto menegaskan, timnya siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Banjar. Mereka akan selalu berpatroli ke daerah-daerah rawan kejahatan.

Di tempat terpisah, Jaka Sulaeman, salah seorang warga Kelurahan/Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, mengatakan, dirinya sebagai warga Kota Banjar sangat mendukung dengan langkah Polresta Banjar yang membentuk sebuah tim khusus guna menangani gangguan kamtibmas di masyarakat.

Baca Juga:  Emil Kritisi Fasilitas Pasar Jokowi

Maraknya aksi kejahatan jalanan di berbagai wilayah yang kerap dilakukan sejumlah kelompok oknum remaja tanggung menggunakan sepeda motor, membuat pihak kepolisian di berbagai daerah terus berupaya meningkatkan keamanan dan kewaspadaan.

Dalam mengatasi hal ini, di wilayah hukum Polda Jawa Barat, sebelumnya sudah ada dua kepolisian yang membentuk tim khusus untuk meredam dan mengatasi aksi kejahatan jalanan, serta para pelaku kriminalitas lainnya.

Kepolisian tersebut yakni Polresta Depok (Tim Jaguar), dan Polrestabes Bandung (Tim Prabu). Sekarang ditambah lagi Tim Siluman yang baru dibentuk Polresta Banjar. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat