Waspada Jika Kuku Terdapat Tanda Putih, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Kuku yang sehat ditandai dengan warna merah jambu atau warna daging, jadi dapat dimengerti mengapa munculnya bintik-bintik atau tanda putih di kuku dapat menimbulkan beberapa kekhawatiran.

Leukonychia, berasal dari kata Yunani leuko (“putih”) dan nychia (“kuku”), mengacu pada perubahan warna putih pada kuku. Bintik putih biasanya tidak berbahaya, tetapi dalam kasus tertentu, mungkin merupakan gejala dari kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Baca Juga:  Terkait Pilgub Jabar, Iwa Mengaku Masih Fokus Jalankan Tugas Sekda

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab Tanda Putih di Kuku bagi Kesehatan yakni:

Pertama. Trauma – Cedera pada lempeng kuku atau area tempat kuku tumbuh, yang dikenal sebagai matriks, dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Jenis cedera ini sering terjadi pada anak-anak dan biasanya menjadi penyebab timbulnya bintik-bintik putih pada kuku.

Jenis cedera yang dapat menyebabkan ini antara lain seperti menggigit kuku, manikur, cedera kuku sehari-hari, alas kaki yang terlalu kecil, menyebabkan tekanan abnormal pada kuku. Akibat cedera ini, bercak akan tumbuh bersama kuku.

Baca Juga:  Prajurit TNI bersama Warga Bersihkan Saluran Air

Kedua. Keracunan dan obat-obatan – Beberapa bentuk keracunan atau pengobatan juga dapat menyebabkan leukonikia. Penyebab ini relatif jarang dan sering menyebabkan leukonikia transversa.

Keracunan dan pengobatan yang dapat menyebabkan area putih pada atau di bawah kuku. Contonya seperti kalian keracunan logam berat dari logam, seperti timbal dan arsen.

Baca Juga:  Warga Minta Jembatan Penghubung Segera Diperbaiki

Ketiga. Penyakit Sistemik – Penyakit sistemik juga bisa menyebabkan kuku menjadi putih. Jika demikian, itu adalah sinyal bahwa ada masalah di bagian lain tubuh. Sekali lagi, ini jarang menjadi penyebab tanda putih di kuku.

Penyakit yang dapat menyebabkan kuku putih seperti anemia defisiensi besi, kekurangan zat besi dalam tubuh, sirosis hati, penyakit ginjal dan ada beberapa lagi. (Red)