Warga Minta Jembatan Penghubung Segera Diperbaiki

JABARNEWS | GARUT – Sejumlah warga di Kamp Tanjaknangsi, Desa Malangbong, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut kembali mendatangi pemerintah Desa. Warga kembali menanyakan kepastian pembangunan jembatan penghubung anatara Desa Malangbong dengan Desa Cisitu di sebelah utara.

Arif menjelaskan warga ingin kepastian pembangunan perbaikian jembatan pasca tragedi banjir bandang November 2017 lalu.

Karena menurut warga, jembatan itu sangat vital dan selama ini digunakan, terutama oleh para petani. Serta bagi warga sebagai akses menuju pemakaman umum warga desa Malangbong.

Baca Juga:  Selama 115 Hari dari Aceh, Warga Semarang Ini Terdampar di Cianjur

“Terputusnya jembatan itu, membuat aktivitas penduduk terganggu. Lalu lintas menjadi tersendat. Walau memang sementara pemerintah desa dan warga setempat sudah membangun jembatan sementara dari bambu untuk sarana berlalu lintas. Namun semakin hari dirasakan tidak begitu nyaman,” ujarnya kepada Jabarnews, Selasa(3/4/2018) petang.

Kepala Desa Malangbong Adang menambahkan, pihaknya sudah mengajukan permohonan perbaikan. Bahkan pemerintah kecamatan Malangbong saat kejadian bencana sudah mendata kerusakan-kerusakan akibat bencana itu. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda pemerintah Kabupaten akan memperbaikinya.

Baca Juga:  Pancasila Satukan Indonesia

Adang berharap pemerintah segera merealisasikan anggaran untuk pembangunan jembatan tersebut. Karena, dana Desa yang diterima oleh pemerintah Desa Malangbong tidak mencukupi bila digunakan untuk membangun jembatan dan fasilitas yang rusak akibat bencana lainnya.

“Tetapi ada sebagian fasilitas yang dibangun dari Dana Desa berdasarkan musyawarah di desa,” jelasnya.

Seperti diketahui, musibah banjir bandang yang menimpa Kecamatan Malangbong November 2017 silam, masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah. Berdasarkan catatan badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut kerugian ditaksir mencapai Rp5,4 Miliar.

Baca Juga:  Perusahaan Paksa Kerja Karyawan Selama PPKM Darurat, Laporkan!

Banjir bandang itu telah meluluh lantakkan fasilitas umum, perumahan, irigasi, jembatan dan trauma pada warga.

Salah satu dampak yang dianggap paling serius adalah terputusnya salah satu jembatan penghubung di Desa Malangbong, tepatnya di kampung Tanjaknangsi. (Tgr)

Jabarnes | Berita Jawa Barat