Waspada! Kenali Tanda Serangan Jantung Ini Sebelum Terlambat, Salah Satunya Gangguan Tidur

JABARNEWS | BANDUNG – Munculnya tanda serang jantung tentunya menjadi salah satu ancaman bagi kesehatan tubuh. Mengingat, Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian di dunia.

Untuk mengenali tanda serangan jantung, ada beberapa gejala yang bisa kalian waspadai bagi kesehatan tubuh. Sebagaimana dilansir JabarNews.Com dari unggahan Instagram @ciputrahospital pada (10/10/2020)

Berikut tanda serangan jantung yang mesti kalian waspada bagi kesehatan tubuh sebulan sebelumnya:

Baca Juga: Desk Collection Pinjol Digaji Rp20 Juta Sebulan, Dapat Tempat Tinggal dan Akomodasi, Ini Tugasnya

Baca Juga: Pengadaan Lahan Pemakaman Covid-19 di Cimahi Diduga Dikorupsi, Pejabat Ini Jadi Tersangka

Baca Juga:  Aura Baru Lewat Perawatan Kecantikan

Pertama. Rasa Lelah – Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Circulation, A Journal of the American Heart Association fokus mengamati kaum wanita yang melibatkan 515 orang dengan usia 29-57 tahun.

Baca Juga: Di Masa Pandemi COVID-19, Ini Momen yang Paling Membahagiakan bagi Ridwan Kamil

Baca Juga: Cuaca Menudung, Latihan Terakhir Persib Menatap Laga Pertama Seri Kedua

Sebanyak 70 persen peserta penelitian melaporkan mengalami kelelahan berlebihan sehingga tidak dapat mengerjakan aktivitas ringan.

Kedua. Terkena gangguan tidur – Selain rasa lelah, gangguan tidur juga bisa jadi tanda serangan jantung. Sebanyak 48 persen peserta penelitian mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

Baca Juga:  Ada Jejak FPI saat Densus 88 Geledah Rumah Tersangka Teroris

Oleh karena itu, berhati-hatilah jika sering mengalami gangguan tidur. Jangan lupa memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin untuk mencegah penyakit ini.

Ketiga. Masalah Pencernaan – Beberapa peserta, atau sebanyak 39 persen responden mengatakan mengalami masalah pencernaan, seperti mual, muntah dan nyeri perut.

Baca Juga: Coldplay Komentari Aksi Kocak Putih Abu-Abu Asal Cianjur: That Looks Fun! Hatur Nuhun

Keempat. Sesak Napas – Dalam penelitian tersebut, sebanyak 42 persen responden mengalami sesak napas. Rasa Sesak akibat sulit bernapas ini diakui cukup mengganggu oleh kebanyakan peserta.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca di Bandung Raya Ahad 26 Maret 2023, Ini Kata BMKG

Baca Juga: Inilah Resep Makanan Roti Pita ‘Bread Khubz’ Yang Memiliki Aroma Sedap

Kelima. Cemas – Sebanyak 35 persen responden penelitian mengaku merasa cemas berlebih yang tidak diketahui penyebabnya. Cemas berlebih patut diwaspadai sebagai tanda serangan jantung.

Enam. Nyeri Dada – Selain beberapa tanda di atas, nyeri dada juga bisa jadi tanda penyakit ini. Sekitar 30 persen responden mengalami nyeri dada. Selain itu, nyeri dada bisa terjadi saat asam lambung naik (GERD), terjadi masalah paru, otot, atau tulang di area dada.***