Berikut Lima Penyebab Diare Pada Kebanyakan Orang

JABARNEWS | BANDUNG – Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang sering kita jumpai, ada beberapa penyebab terjadinya penyakit satu ini, Apa bila di diamkan akan berbahaya.

Dari makanan yang kita makan tanpa sadari menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit diare, biasanya diare berlangsung 2-3 hari dan bisa ditangani dengan obat-obatan yang dijual bebas.Tetapi pada kasus khusus, diare bisa berlangsung berminggu-minggu.

Baca Juga:  DPRD Jabar Desak Pemprov Segera Selesaikan Persyaratan Pemekaran Wilayah Garut Utara

Oleh sebab itu kita harus waspada atas beberapa penyebab dari penyakit satu ini, Dilansir dari banyak sumber inilah penyebab diare:

Pertama. Infeksi – Diare juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau parasit. Infeksi tersebut memicu peradangan dalam saluran pencernaan. Selain diare, gejala lain yang juga bisa ditimbulkan oleh infeksi yaitu muntah, mual, hingga sakit perut.

Kedua. Fibrosis Kistik – Fibrosis kistik merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan penumpukan lendir dalam paru-paru dan sistem pencernaan sehingga memunculkan diare.

Baca Juga:  Mengecat Bumper Mobil Berbahan Plastik di Rumah, Ini Tipsnya

Fibrosis kistik juga dapat menyebabkan kesulitan bernapas, infeksi paru-paru berulang, batuk terus-menerus, selain itu diare, dan sulit menaikkan berat badan.

Ketiga. Radang Usus Besar – Penyebab diare lainnya yang disebutkan Medical News Today adalah radang usus besar, munculnya radang usus besar. Juga ditandai dengan sakit perut, nafsu makan menurun, iritasi mata dan kulit, serta kelelahan sama dengan gejalan diare.

Baca Juga:  Tanggul Sungai Sibarau Jebol, Puluhan Rumah di Serdang Bedagai Terendam Banjir

Keempat. Intoleransi fruktosa (pemanis alami pada madu dan buah-buahan) dan intoleransi laktosa (zat gula yang terdapat pada susu dan produk sejenisnya).

Kelima. Efek samping obat-obatan, misalnya antibiotik yang dapat mengganggu keseimbangan alami bakteri dalam usus sehingga menimbulkan diare.

Penulis: Muhammad Amaludin