Pos SAR Parapat Danau Toba Gandeng RSI Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Sungai dan Danau

Pos SAR Parapat Danau Toba Gandeng RSI Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Sungai dan Danau

JABARNEWS | TOBA – Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Parapat danau Toba menggandeng Regal Spring Indonesia (RSI) melakukan sosialisasi terkait keselamatan lalu lintas sungai dan danau di Dermaga Fery Ihan Batak, Ajibata Kabupaten Toba.

Koordinator Pos SAR Parapat danau Toba, Hisar Turnip mengatakan, dalam sosialisasi itu, dia memberikan pemaparan tentang sistem SAR, dan penggunaan rasuo komunikasi sebelum berangkat berlayar hingga pada saat terjadi keadaan darurat.

“Kegiatan sosialisasi sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan dari Nahkoda Kapal sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 52 Tahun 2012 dan Peraturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP 3424/AP.402/DRJD/2020 tentang alur sungai dan Danau,” katanya, Minggu (23/5/2022).

Kata dia, para peserta terdiri dari nahkoda kapal disekitar danau Toba turut ikut serta melaksanakan simulasi terkait penanganan saat terjadi kondisi darurat pada saat berlayar yang diberikan oleh koordinator Pos SAR Parapat danau Toba.

“Ini merupakan bentuk keseriusan Basarnas hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Danau Toba dan juga terhadap keamanan warga sekitar dalam beraktifitas di danau Toba.” ungkap Hisar.