Emil: Baru 10 Persen Perusahaan di Jabar yang Gabung Forum CSR

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat resmikan proyek-proyek CSR atau yang dikenal dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Terhitung ada 200 perusahan se-Jawa Barat yang telah bergabung ke Forum CSR.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, dari 2500 perusahaan di Jawa Barat, hanya 10% perusahaan yang bergabung ke Forum CSR.

“Intinya total perusahaan di Jawa Barat yang bergabung ke Forum CSR itu ada 200-an itu baru 10% dari perusahaan-perusahaan skala besar dari jumlahnya 2500an,” kata Emil sapaan akrabnya saat jumpa wartawan di Trans Luxury Hotel, Bandung, Senin (18/11/2019).

Baca Juga:  Mengenal Ciri Furniture Eropa Gaya Victoria Yang Mewah

Dia menuturkan, dengan adanya Forum CSR ini dapat mensinkronkan antara Pemprov dan perusahaan-perusahaan. Selain itu, Emil mengaku bahwa pihaknya hanya mengarahkan supaya tidak ada salah belanja perusahaan, sehingga dapat menolong perusahaan dalam skala yang komprehensif.

“Nah, dalam forum CSR nanti Ini arahnya jelas misalkan tahun ini Citarum tahun depan pendidikan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Emil menjelaskan, Forum CSR ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Pemerintah Daerah kepada perusahaan yang telah berkontribusi dan berhasil menjalankan program kegiatan CSR serta telah bersinergi dengan program-program pembangunan pemerintah daerah.

Baca Juga:  Keluyuran Setelah Disuntik Vaksin, Raffi Ahmad Disindir Reisa Broto Asmoro

“Tujuan kegiatan ini adalah yang pertama merespon terhadap kepedulian perusahaan. Kedua tentunya untuk mengenal lebih jauh program program dan kegiatan CSR. Ketiga untuk lebih mendekatkan hubungan sinergi antara pemerintah daerah dengan perusahaan serta dengan stakeholder pembangunan lainnya,” tuturnya.

Emil menyebut, di akhir bulan Desember pihaknya akan melakukan rapat dalam rangka menggumumkan per-Januari tahun 2020. Sehingga, tidak ada lagi hal-hal yang tidak transparan.

Baca Juga:  Dadang: Majalengka Berpotensi Karena Daerah Strategis

“CSR itu ada forumnya jadi jangan berburuk sangka Gubernur megang ini, Walikota megang itu, jadi semuanya dicemplungin kepada forum CSR apa yang dibelanjakan tanyakan kepada forum CSR, laporan pertanggungjawaban ada di forum CSR, jadi semua tertib,” ungkapnya.

Dalam merealisasikannya, Emil menghimbau kepada seluruh perusahaan-perusahaan dalam sekala besar di Jawa Barat untuk segera mendaftar dan bergabung dengan Forum CSR.

“Baru 10% perusahaan yang bergabung di grup CSR Jawa Barat. Tolong semuanya mendaftar lewat Bappeda bergabung supaya kita bisa arahkan,” pungkasnya. (RNU)