Berikut Tips Ampuh Keluarkan Kotoran Telinga Tanpa Dikorek

JABARNEWS | BANDUNG – Kotoran telinga, atau bahasa medisnya dikenal sebagai serumen adalah bahan alami yang diproduksi tubuh untuk melindungi dan melumasi telinga dari kotoran luar yang masuk.

Kotoran telinga atau serumen umumnya berupa gumpalan lunak yang merupakan produksi alami dari kelenjar minyak di liang telinga. Gumpalan ini justru berfungsi untuk melindungi telinga, berperan memerangkap debu, menghambat pertumbuhan kuman, dan menjaga agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Selain itu, serumen adalah bahan antibakterial yang secara alami mencegah infeksi pada telinga bagian dalam. Kotoran telinga sebenarnya tidak akan menyebabkan gangguan, jika jumlahnya tidak berlebihan.

Baca Juga:  Benarkah RUU Sisdiknas Berpihak pada Guru? Honorer Harus Baca Ini!

Jika terlalu banyak, maka kotoran telinga dapat menyumbat telinga hingga menyebabkan nyeri pada telinga dan gangguan pendengaran. Kondisi ini dinamakan serumen prop, dan perlu dibersihkan. Namun jika salah metode, pembersihan telinga justru akan mengakibatkan kotoran makin terdorong ke dalam telinga.

Bicara tentang kotoran telinga, sekalipun baik, tetap saja berbahaya jika menumpuk dan tidak pernah dibersihkan. Jika salah, justru akan membuat kesehatan terganggu. Lalu, bagaimana cara membersihkan kotoran telinga yang benar? Yuk simak cara ampuh berikut ini:

Baca Juga:  Simak, Berikut Ini Capaian Perkembangan Raperda PPK di Gedebage

1. Air Garam – Ternyata air garam hangat dapat digunakan untuk membersihkan kotoran telinga. Caranya, campur satu sendok teh garam dengan 1,5 cangkir air hangat hingga larut. Rendam kapas dalam air garam. Lalu miringkan kepala teteskan air garam hangat ke dalam telinga sedikit demi sedikit. Tetaplah di posisi itu selama 3-5 menit.

2. Minyak Zaitun – Caranya celupkan kapas pada minyak zaitun lalu peras. Tempatkan kapas tersebut ke dalam telinga dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Guru, Nadiem Makarim Akan Ubah Kepala Sekolah

3. Baby Oil – Selain pakai minyak zaitun, Anda juga bisa memanfaatkan baby oil untuk mengeluarkan kotoran telinga. Adapun caranya sama dengan menggunakan minyak zaitun, hanya saja diganti dengan baby oil.

4. Cuka dan Alkohol – Campur alkohol dengan cuka kemudian semprotkan ke telinga. Selanjutnya ambil kapas untuk membersihkan kotoran. Agar hasilnya maksimal, ulangi lagi cara ini. (Red)