Pemuda Mekargalih Purwakarta, Limbah Palet Kayu Diubah Jadi Furniture Bernilai ekonomis

Para Pemuda di Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta saat mengubah limbah Palet Jadi Furniture Bernilai. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Penumpukan limbah palet kayu yang digunakan sebagai bantalan pengiriman barang, seringkali dianggap sebagai limbah tak berguna. Namun, di tangan pemuda Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, kayu ini diolah menjadi woodcraft bernilai jual.

Limbah tidak selamanya menjadi sampah yang tidak berguna. Lewat ide kreatif dan tangan-tangan terampil, produk yang dianggap tidak bernilai bisa dikreasikan menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual.

Hal tersebut diungkapkan Yoedha Wirathama, Patriot Desa Jawa Barat, sebuah program pemberdayaan desa yang digagas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Yoedha menyebut, masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan limbah kayu ini dengan baik.

“Banyak ditemukan limbah palet kayu di Desa Mekargalih, Kecamatan Jatiluhur, tapi masih banyak masyarakat yang belum paham akan diapakan limbah kayu ini,” jelas Patriot Desa yang bertugas di Kecamatan Jatiluhur, pada Selasa, 12 September 2022.