Keuntungan Memakai Aplikasi Inventaris Barang Untuk Bisnis

JABARNEWS | BANDUNG – Perangkat lunak atau aplikasi inventaris barang berpedoman pada aplikasi bisnis yang dirancang untuk melacak dan mengelola penjualan produk, pembelian material, pengiriman barang, dan proses produksi umum lainnya. Perangkat lunak inventaris membantu bisnis membawa bahan yang mereka butuhkan untuk menghasilkan produk jadi bagi pelanggan.

Setiap aplikasi inventaris barang sering memakai kode batang atau sistem pelacakan pengenal lainnya, dimana manfaatnya untuk memberikan penghitungan lengkap pada saat pengiriman dan penyimpanan dalam proses produksi.

Selain itu aplikasi inventaris barang juga memungkinkan perusahaan untuk melihat kapan pengiriman bahan masuk, berapa lama ia bertahan di setiap tahap produksi, seberapa cepat produk akhir meninggalkan gudang dan kemana ia pergi. Perangkat lunak inventaris adalah istilah umum dalam arti dapat merujuk pada perangkat lunak khusus dari gudang tertentu atau perangkat lunak yang memantau seluruh rantai pasokan dan sisi penjualan bisnis.

Bisnis menggunakan perangkat lunak pelacakan inventaris untuk mengurangi upaya yang dilakukan dalam pelacakan dasar, sehingga membebaskan waktu untuk menganalisis dan meningkatkan proses secara keseluruhan.

Manfaat memakai alat kontrol inventaris. Solusi manajemen inventaris menawarkan banyak keuntungan, termasuk menghemat uang, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan ROI.

Tampilan inventaris yang lebih akurat. Sistem manajemen inventaris memberikan tampilan inventaris yang lebih akurat daripada metode pelacakan manual karena diperbarui secara real time. Segera setelah produk terjual, perangkat lunak memperbarui jumlah total untuk mencegah penjualan berlebih. Ini juga akan secara otomatis memperbarui level produk ketika barang dikembalikan tanpa memerlukan masukan dari karyawan.

Wawasan yang lebih baik. Seiring dengan akurasi yang lebih tinggi, perangkat lunak manajemen inventaris juga memberi perusahaan wawasan yang lebih baik tentang proses produksi mereka. Bisnis dapat menggunakan fitur pelaporan untuk melihat inefisiensi di lini produksi mereka dan meningkatkannya untuk menurunkan biaya overhead. Selain itu, laporan yang dihasilkan oleh sistem kontrol inventaris dapat membantu organisasi menentukan produk mana yang harus mereka fokuskan dan jika ada yang harus mereka hentikan penawarannya.

Penghematan biaya. Solusi manajemen inventaris juga dapat menghemat biaya bisnis. Dengan peramalan prediktif, perusahaan tahu kira-kira berapa banyak stok yang harus mereka miliki. Ini mencegah bisnis dari pengeluaran berlebihan pada saham, dan itu berarti bahwa stok yang mereka miliki tidak akan sia-sia. Perusahaan juga dapat memastikan bahwa mereka memanfaatkan ruang gudang mereka dengan sebaik-baiknya.

Berikut ini rekomendasi aplikasi inventaris barang yang sudah teruji kinerjanya untuk bisnis perusahaan.

1. Aplikasi Inventaris Barang Jurnal. Aplikasi yang satu ini tidak bisa diragukan lagi karena cara kerjanya yang sangat canggih dan memiliki fitur yang menarik dan memudahkan pemakainya, serta mampu melacak jumlah penjualan produk terbanyak di perusahaan Anda. Selain itu software inventaris barang ini dapat memberikan informasi tentang status & kinerja produk dan pemberitahuan untuk stok yang kosong.

Software inventaris barang ini memberikan kemudahan untuk memantau inventaris di gudang serta melacak aktivitas gudang dan melakukan stock opname produk dengan mudah di beberapa tempat penyimpanan sekaligus dalam satu klik saja di aplikasi.

Selain itu bisa tarik laporan penjualan dan inventory data status penjualan dan pembelian barang yang tercatat kemudian otomatis akan ter-update dalam laporan.

Baca Juga:  Bank Bjb dan AI ITB MoU Bidang Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan

Multi-Product Pricing. Tingkatkan profitabilitas tanpa mengorbankan pangsa pasar dan dapatkan lebih banyak keuntungan dari pelanggan yang sama:

Pengaturan harga terbaik ke pelanggan-pelanggan tertentu berdasarkan list kontak dan produk khusus. Mempertahankan harga rata-rata untuk mencegah perbedaan harga di pelanggan yang berbeda. Dapatkan kualitas pembuatan faktur yang lebih akurat dan proses modul penjualan yang lebih cepat.

Keuntungan bisnis lewat Produk Bundle. Saatnya berinovasi dengan membuat produk bundling yang menarik pelanggan. Catat transaksi produk dari unit yang berbeda dengan mudah dan mengubah barang bahan baku menjadi barang jadi dengan menghitung rata-rata biaya produksinya.

Memantau ketersediaan barang dan detail harganya. Lacak ketersediaan berbagai jenis produk berbeda dalam sekali klik. Dapatkan juga rincian detail harga untuk langsung mengetahui perkiraan harga jual.

Memantau ketersediaan barang dan detail harganya. Dapatkan laporan rinci produk mana saja yang paling banyak dicari oleh pelanggan Anda. Serta pantau terus pergerakannya dengan notifikasi yang dikirim langsung saat persediaan menipis.

Lacak dan pantau biaya pengeluaran produksi bisnis Anda secara real time. Kemudahan memantau rincian biaya yang diperlukan untuk setiap item, bahan, material, atau alat yang diperlukan untuk memproduksi barang jual Anda lewat bill of material (BOM) yang bisa diakses real time.

Program Inventaris Barang. Cari tahu ketersediaan barang inventaris Anda di gudang dengan mudah dan real time, dengan fitur aplikasi inventaris barang atau aplikasi stock opname, dapatkan pula notifikasi dan kalkulasi persediaan secara langsung dan cepat.

Status jumlah penyimpanan yang real time: Mengetahui barang terlaris dan paling menguntungkan. Penyesuaian stok barang untuk stok opname. Data lengkap (untuk stok lama dan stok baru). Laporan inventaris barang (inventory reports).

2. Aplikasi Inventaris Zoho. Zoho Inventory adalah sistem manajemen inventaris yang terintegrasi dengan mudah dengan aplikasi lain dalam rangkaian Zoho untuk pengalaman bisnis yang kohesif. Itu dibuat untuk pengecer dan bekerja dengan baik dengan Amazon, Shopify, Etsy, dan eBay. Zoho mengelola seluruh siklus hidup pesanan, termasuk penjualan, pembuatan faktur, dan pengiriman.

Dengan pemindaian barcode, perangkat lunak ini secara otomatis mengisi banyak informasi yang diperlukan untuk memastikan barang yang tepat dikemas dan dikirim. Ia bahkan dapat membuat nomor SKU secara otomatis untuk produk Anda guna mengurangi pekerjaan manual.

Dirancang untuk bisnis skala kecil hingga menengah, Zoho Inventory membantu bisnis mengelola penjualan, membuat pesanan pembelian, dan melacak inventaris secara akurat. Ini terintegrasi dengan beberapa saluran penjualan online, termasuk Amazon, Etsy dan eBay. Ini juga termasuk dukungan Shopify dan tersedia di semua platform.

Zoho Inventory memberi pengguna data yang dapat dicerna secara visual, Versi gratis ini mencakup 20 pesanan online dan offline, 20 label pengiriman, 20 pelacakan pengiriman, dan satu gudang. Ini mencakup dukungan untuk inventaris dan manajemen gudang, penjualan multi saluran, pelaporan, dan banyak lagi.

Manfaat & Fitur Luar Biasa: Zoho Inventory menampilkan beberapa inklusi dan alat yang bermanfaat, tetapi berikut adalah beberapa penawaran utamanya:

Kontrol Inventaris: Zoho Inventory memiliki sistem terpusat yang memperbarui informasi inventaris penting di semua saluran penjualan. Ini terjadi secara otomatis dan terjadi segera setelah penjualan dilakukan.

Manajemen Gudang: Mempertahankan gudang yang terorganisir adalah kuncinya, dan Zoho Inventory memberi pengguna alat untuk mengelola beberapa lokasi sekaligus menghasilkan wawasan berharga melalui fitur pelaporan.

Baca Juga:  KONI Pusat Luncurkan SPORTBLOC, Aplikasi Ekosistem Olahraga

Item Kitting: Pengguna dapat dengan cepat menggabungkan beberapa produk sambil memperbarui informasi pengiriman untuk menyertakan detail baru yang relevan.

Pemesanan Ulang: Pengguna dapat membuat titik pemesanan ulang dan melampirkannya ke vendor pilihan Anda. Tetap terdepan dari kehabisan stok dan selalu sediakan produk untuk memenuhi permintaan.

Keterbatasan: Tidak ada sistem tanpa beberapa kesalahan, berikut adalah beberapa perangkap yang harus diperhatikan: Fitur fungsionalitas mata uang tidak praktis, Tidak mendukung segmentasi pelanggan berdasarkan pembelian barang, Tidak dapat mencetak catatan pengiriman, Tidak memiliki fitur perkiraan.

Arus Masuk: InFlow hasan solusi on-premise yang dirancang khusus untuk bisnis berbasis item dari semua ukuran. Ini tersedia di Windows dan berisi beberapa fitur manajemen inventaris yang bermanfaat, termasuk barcode, faktur, manufaktur, laporan, dan banyak lagi.

Manajemen Inventaris: Lacak pergerakan inventaris, tingkat stok, harga, dan lainnya dengan inFlow On-Premise. Lihat apa yang dipesan atau dipesan sambil secara aktif melacak riwayat pergerakan produk. Ini menangani penetapan biaya (FIFO dan LIFO), dan secara otomatis melacak item ke setiap penyesuaian.

Jual & Faktur: Pengguna dapat menangkap penjualan dan melacak faktur bersama dengan kemampuan untuk mengimpornya dari CSV. Sistem ini juga menyinkronkan faktur dan penjualan dengan Shopify, Amazon, WooCommerce, atau Squarespace. Itu juga dapat secara otomatis memesan produk ketika pesanan tiba sambil memperingatkan pengguna jika penjualan akan melebihi stok yang tersedia.

Pelaporan: Fitur pelaporan sangat penting untuk pertumbuhan bisnis, dan inFlow On-Premise menawarkan laporan ringkasan untuk penjualan, pembelian inventory, dan admin.

Portal B2B: Klien dapat mengunjungi portal B2B yang menunjukkan gambar, deskripsi, dan harga item pada daftar produk. Ada juga ruang pamer yang tersedia di mana pengguna dapat memamerkan barang-barang diskon.

Kekurangannya. Berikut adalah beberapa kekurangan yang terkait dengan sistem ini: Sistem hanya dapat sepenuhnya terintegrasi dengan Shopify, Data klien disinkronkan melalui jaringan lokal. Hanya komputer yang terhubung ke jaringan ini yang dapat mengakses sistem itu limitu ke sistem operasi Windows, Cadangan hanya disimpan di komputer server.

3. Aplikasi Inventaris Odoo. Odoo adalah sistem sumber terbuka untuk bisnis dari semua ukuran. Ini memberikan dukungan untuk manajemen gudang dan menawarkan berbagai modul dan aplikasi agar sesuai dengan kebutuhan untuk bisnis Anda.

Beberapa penawaran dasarnya termasuk penyesuaian inventaris, pengepakan, tanda terima, dan dukungan beberapa lokasi. Ini tersedia baik sebagai SaaS atau solusi yang dihosting sendiri dan kompatibel dengan semua platform.

Manfaat & Fitur Luar Biasa: Odoo memberi pelanggan seperangkat alat yang kuat tanpa biaya, berikut adalah beberapa fitur utama:

Pengiriman Pesanan: Dengan atau tanpa menggunakan pemindai kode batang, Odoo dapat mengemas dan mengirimkan pesanan. Pesanan disiapkan untuk klien berdasarkan ketersediaan produk yang bersangkutan.

Penyesuaian Inventaris: Modul yang disertakan ini membantu menyiapkan penghitungan siklus dan dapat membuat penyesuaian inventaris dengan cepat berdasarkan zona, lot, palet, kotak, atau produk tertentu.

Pemindaian Kode Batang: Odoo memanfaatkan kode batang untuk inventaris, pengiriman mendatang, pesanan pengepakan, dan banyak lagi. Pengguna cukup dapat barang untuk mengkonfirmasi penerimaan suatu produk. Ini juga mendukung EAN 13 dan EAN 14.

Baca Juga:  Program Desa Digital 2.0 Bank Bjb, Dukung Visi Jabar Juara

Peramalan Inventaris: Sistem ini menggunakan pesanan penjualan yang dikonfirmasi, pesanan pembelian, pergerakan internal, dan pesanan manufaktur untuk memperkirakan ketersediaan produk.

Kekurangannya: Pengguna tidak dapat mengulang atau merevisi penyesuaian setelah dibuat, Tidak semua pelokalan didukung.

4. Aplikasi Inventaris Barang Stockpile. Stockpile menyediakan bisnis kecil dan menengah dengan dukungan perangkat lunak manajemen inventaris gratis. Sistem ini menggunakan model akses berjenjang untuk mengelola pengguna dan mengelola lokasi, produsen, preferensi, dan area fisik.

Ini berisi fitur pelaporan yang memberi pengguna informasi berharga tentang perputaran persediaan dan pertimbangan penting bisnis lainnya. Ini tersedia dengan penerapan SaaS dan kompatibel dengan semua platform. Manfaat & Fitur Luar Biasa:

Manajemen Inventaris: Stockpile menangani penambahan item baru ke inventaris, transaksi penjualan, pengembalian, dan lainnya.

Jumlah Stok Minimum: Pengguna dapat mengatur peringatan otomatis yang memberi tahu anggota tim yang tepat ketika tingkat stok aman minimum tercapai untuk menghindari kehabisan stok.

Transfer Inventaris: Solusi ini menggunakan modul manajemen inventaris untuk mentransfer pergerakan stok antar gudang atau area penyimpanan.

Manfaat Gratis: Bahkan sebagai solusi gratis, Stockpile memberi pengguna beberapa manfaat, termasuk akses dari mana saja dan pengguna tak terbatas, item, lokasi, dan dukungan gratis.

Kekurangannya: Mencetak gambar item barang inventaris sulit. Pencarian sering kali dapat kembali dengan hasil yang tidak relevan

5. Aplikasi Inventaris Delivrd. Delivrd adalah solusi manajemen inventory berbasis cloud yang melengkapi bisnis dari semua ukuran. Ini tersedia untuk semua platform dan versi gratisnya mencakup dukungan untuk satu pengguna dan lokasi, katalog produk hingga 10 item, peringatan tingkat stok, riwayat transaksi, dukungan email, dan penerimaan stok.

Ini memanfaatkan pemindaian barcode untuk meningkatkan proses logistik dan meningkatkan akurasi inventaris. Sistem ini terutama melayani industri ritel dan e-commerce. Manfaat Aplikasi Inventaris Barang dan Fiturnya: Delivrd menghadirkan banyak fitur gratis untuk klien, termasuk:

Analisis Laba & Rugi: Pengguna dapat menentukan profitabilitas suatu barang dengan lebih baik dengan alat untung dan rugi Delivrd. Fitur ini memperhitungkan biaya pengiriman dan pengemasan untuk memberi pengguna gambaran yang jelas tentang biaya yang terkait dengan suatu item.

Integrasi Pihak Ketiga: Delivrd hadir dengan integrasi bawaan ke Shopify dan alat impor pesanan WooCommerce. Pengguna juga dapat mengimpor pesanan dari sumber manapun menggunakan alat import file CSV.

Pick, Pack and Ship Support: Pesanan yang tidak terpenuhi dapat secara otomatis diubah menjadi gelombang pengambilan dan pesanan paket dengan alat pemindaian barcode yang disertakan. Ini memastikan pemenuhan bebas kesalahan selama proses pengiriman.

Pengemasan: Delivrd memandu pengguna melalui proses fisik pengemasan produk sambil memenuhi pesanan pelanggan. Ini menggunakan proses “bebas keyboard” yang mengandalkan pemindaian kode batang alih-alih entri data manual.

Kekurangannya : Meskipun hanya ada satu, pengguna yang penasaran harus selalu memperhatikan area yang kurang yaitu Integrasi dengan sistem sangat terbatas.

Setiap aplikasi atau software memang sangat memudahkan semua aktifitas pekerjaan,namun tentunya Anda juga harus jeli dan teliti memilih aplikasi yang cocok untuk bisnis dan perusahaan, karena terkadang tujuannya untuk memudahkan pekerjaan namun akhirnya malah merepotkan. Selamat mencoba! (Advertorial)