Tim PKM Polindra Wujudkan Air Bersih untuk Ponpes Manbaul Ulum Indramayu

Implementasi alat filtrasi khusus dari tim PKM Polindra untuk menyediakan air bersih di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Indramayu
Implementasi alat filtrasi khusus dari tim PKM Polindra untuk menyediakan air bersih di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Indramayu (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | INDRAMAYU – Dalam rangka menyediakan air bersih di Pondok Pesantren Manbaul Ulum di Indramayu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) dari Jurusan Teknik membuat alat filtrasi yang dibuat secara khusus.

Seperti diketahui air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, sayang di beberapa daerah karena satu dan lain hal ketersediaan air bersih ini kadang masih sulit dijangkau, salah satunya di Pondok Pesantren Manbaul Ulum di Indramayu, yang kondisi airnya masih keruh.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Barat Akan Bangun Miniatur Ka'bah

“Pondok Pesantren Mambaul Ulum Indramayu, sumber air yang dimiliki mereka itu dekat dengan rawa sehingga airnya kalau ditampung di bak mandi tidak jernih berwarna kuning sehingga menimbulkan kerak juga di dinding tempat penampungan air. Maka air itu tidak layak jika digunakan untuk kebutuhan sanitasi maupun kebutuhan lainnya seperti mandi, berwudhu dan sebagainya,” kata Leo Van Gunawan, selalu Ketua Tim pelaksana PkM, Selasa 31 Oktober 2023.

Baca Juga:  Ono Surono Dorong Percepatan Penurunan Angka Stunting di Indramayu

Melalui PkM ini, Polindra secara khusus membuatkan membuatkan alat filter air, dengan menggunakan material-material yang bisa dengan mudah didapatkan di daerah Indramayu.

Baca Juga:  Dilanda Kekeringan dan Karhutla, Pemprov Jabar Sudah Distribusikan 15 Juta Air Bersih

“Kami menggunakan bahan seperti karbon aktif dari sekam padi. Jadi Indramayu itu kan terkenal penghasil padi, jadi kita bisa dengan mudah menemukan sekam padi di sana. Nah, kita mencoba memanfaatkan sekam padi ini menjadi karbon aktif untuk media filter air,” jelas Leo.