ALERT: A Closer Look To Mental Health Issue oleh SCOPH CIMSA FK Unpad

Intervensi di SMA Negeri 3 Bandung. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Center for Indonesian Medical Students` Activities (CIMSA) adalah organisasi mahasiswa kedokteran non-profit, non-pemerintah, nasionalis, independen, non-politik, dan non-partisan. Untuk mencapai visi dan misi “Empowering Medical Students, Improving Nation’s Health.”, CIMSA memiliki 6 Standing Committee yang memiliki fokus area kerja masing-masing. Salah satunya adalah SCOPH atau Standing Committee on Public Health. SCOPH melaksanakan aktivitas yang berfokus pada kesehatan masyarakat. Saat ini, CIMSA telah tersebar di 33 lokal atau universitas di seluruh Indonesia. Salah satunya, CIMSA FK Unpad.

Baca Juga:  Bank BJB Siap Berkontribusi Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Perdesaan

Untuk merayakan World Mental Health Day pada 10 Oktober lalu, SCOPH CIMSA FK Unpad melaksanakan aktivitas ALERT atau A Closer Look To Mental Health Issue.

Selaras dengan tema WMHD 2023 dari WHO, yaitu “Mental health is a universal human right”, ALERT bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya kesehatan mental serta bagaimana cara mengenali tanda dan gejala gangguan kesehatan mental serta menghapuskan stigma mengenai kesehatan mental di tengah masyarakat. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SMA Negeri 3 Bandung dan masyarakat di sekitar Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor serta masyarakat luas melalui media sosial.

Baca Juga:  Terapkan GCG Secara Excellent, bank bjb Raih Predikat Indonesia Most Trusted Companies

ALERT terdiri dari beberapa rangkaian intervensi berbeda dan melakukan kerja sama berbagai partner eksternal untuk mencapai tujuannya. Kami melakukan partnership dengan beberapa pihak serta melibatkan volunteers sebagai peer educator kepada masyarakat dan siswa di SMA Negeri 3 Bandung.

Baca Juga:  Tingkatkan Kompetensi TFL DAK Fisik Bidang Sanitasi, Disperkim Purwakarta Lakukan Ini

Pada intervensi pertama, diadakan rangkaian Welcoming Party dan Upgrading sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman volunteers terkait kesehatan mental, sebagai upaya untuk memperkenalkan rangkaian kegiatan ALERT dan meningkatkan kebersamaan volunteers sebelum memulai rangkaian acara berikutnya. Pada intervensi ini, ALERT bekerja sama dengan Into The Light yang menghadirkan pembicara yang ahli dalam kesehatan mental.