Tim PKM Polindra Wujudkan Air Bersih untuk Ponpes Manbaul Ulum Indramayu

Implementasi alat filtrasi khusus dari tim PKM Polindra untuk menyediakan air bersih di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Indramayu
Implementasi alat filtrasi khusus dari tim PKM Polindra untuk menyediakan air bersih di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Indramayu (Foto: Istimewa)

Karbon dari sekam yang telah dibuat melalui proses kimiawi, dicampurkan dengan material lainnya seperti pasir silika, dan batu zeolit hingga menjadi media filtrasi yang baik.

“Untuk hasil akhir dari air filtrasi ini kita mengacu pada standar kemenkes no.2 tahun 2023, Alhamdulillah dengan alat filter yang kita buat ini. Bisa memenuhi standar dari Permenkes jadi airnya layak digunakan sebagai air sanitasi tanah hygiene,” tuturnya.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Barat Gelar Kompetisi Perangkat Daerah, 10 Inovasi Ini Bersaing Jadi yang Terbaik

Dalam kesempatan itu tim PkM Polindra memberikan satu set alat filtrasi kepada Ponpes Manbaul Ulum yang diterima langsung oleh pengasuh Ponpes Ustadz Nurullah.

Baca Juga:  Bencana Kekeringan di Garut, Brimob Polda Jabar Terjunkan Armor Water Canon

Adapun set filtrasi tersebut terdiri dari dari tandon penampung air berkapasitas 1000 liter, pipa, tabung filtrasi, dan tandon penampung air bersih yang menghubungkan ke keran-keran di sana.

Baca Juga:  Keren, Kredit BJB Mesra Masuk Nominasi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik 2022

Tak lupa, dalam kesempatan itu turut diberikan edukasi kepada pihak pesantren terkait perawatan dari alat filtrasi tersebut.