BMKG: Peningkatan Aktivitas Gempa Akhir-akhir Ini, Faktor Kebetulan

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi. (Foto: Dodi/JabarNews)

JABRNEWS | JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tidak memiliki keterkaitan satu dengan lainnya dan jarak serta waktu yang berdekatan hanyalah faktor kebetulan, mengingat ratusan sumber gempa yang ada di Indonesia.

Baca Juga:  Program Daihatsu Setia Bikin Pelanggan Bahagia

“Peningkatan aktivitas gempa akhir-akhir ini tidak memiliki kaitan satu dengan lainnya,” kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dilansir dari Antara, Senin 17 Januari 2022.

“Hanya kebetulan di Indonesia sumber gempa sangat banyak, lebih dari 295. Sehingga jika terjadi gempa berdekatan jaraknya atau waktunya berdekatan itu faktor kebetulan saja, tidak ada hubungannya,” tambahnya.

Baca Juga:  Waspada Gelombang Tinggi 1,25 Sampai 6 Meter Berpotensi Menerjang Perairan Indonesia

Ditegaska Daryono bahwa tidak ada saling picu dan juga tidak ada rambatan gempa.

Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 6,6 terjadi pada Jumat (14/1) yang memiliki episenter 53 kilometer barat daya Sumur di Kabupaten Pandeglang, Banten dengan kedalaman 40 kilometer. Sehari setelahnya pada Sabtu (15/1) terjadi gempa bumi magnitudo 4,1 dengan pusat gempa 23 kilometer tenggara Bangkalan di Jawa Timur pada kedalaman 14 kilometer.

Baca Juga:  Ngopi Saraosna Vol 6 Segera Hadir Dengan Kemasan Lebih Santai & Romantis