Hoaks Penyaluran Bansos Pemerintah, Kenali Modus dan Cara Menghindarinya

Hoaks penyaluran Bansos di dana.bansosid.com. (Foto; Kominfo.go.id).

Selain di Whatsapp, hoaks penyaluran bansos juga menyebar melalui media sosial Facebook seperti yang terjadi pada Januari 2022 lalu. Dilansir dari akun resmi Twitter Kemensos @KemensosRI, modusnya dengan menyebarkan poster bergambar karikatur Presiden Joko Widodo sedang membawa karung bertuliskan ‘BANSOS’.

Baca Juga:  Heboh Tim Hukum Anies Diusir Gegara Bawa Bukti Palsu Saat Sidang PHPU, Ini Faktanya

Poster disertai narasi penyaluran bansos gratis dari Kemensos sebesar Rp900 ribu. “Selamat Datang! Bantuan Bansos gratis dari Kementerian Sosial Republik Indonesia menjadi salah satu bantuan pemerintah yang ditunggu masyarakat di tengah masa pandemi ini. Dapatkan bantuan sebesar 900.000 Bansos dengan klik tombol dibawah ini.”

Baca Juga:  Cek Fakta: Inara Rusli Dikabarkan Beli Rumah Mewah Pasca Cerai dari Virgoun, Apakah Benar?
Poster hoaks Bansos Kemensos Rp500.000. (Foto: Kominfo.go.id).

Tak hanya itu, masyarakat pun diarahkan untuk memasukkan nomor handphone pada tautan atau link yang tertera http://bantuan-sosial.my.id/?v=Bansos agar bisa mendapatkan bansos dari pemerintah. “Hai, kawan. Jika Anda ingin mendapatkan Bantuan Sosial (BANSOS), Anda harus bergabung dengan forum ini terlebih dahulu.”

Baca Juga:  Penderita Eks Kusta di Serdang Bedagai Demo, Kemensos: Sebagian Mereka Punya Pertanian dan Peternakan
Halaman tidak bisa diakses. (Foto: Dokumen Jabarnews.com).

Penelusuran Jabarnews.com pada Februari 2023, laman http://bantuan-sosial.my.id/?v=Bansos sudah masuk ke dalam daftar blokir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).