Hoaks Penyaluran Bansos Pemerintah, Kenali Modus dan Cara Menghindarinya

Hoaks penyaluran Bansos di dana.bansosid.com. (Foto; Kominfo.go.id).

Penipuan Penyaluran Bansos

Penelusuran Jabarnews.com, hoaks pesan berantai terkait penyaluran bansos pemerintah yang menyebar di aplikasi Whatsapp, pernah juga beredar Juli 2022.

Pesan berisi poster menginformasikan adanya bansos Rp300 ribu dari Kemensos kepada masyarakat. Poster berlatar belakang hitam itu mengarahkan masyarakat mengakses link tertentu untuk mengecek penerima bansos.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tegaskan Bansos Tak Sebabkan Kenaikan Harga Beras

“Cek nama Anda untuk menerima bantuan PPKM sebesar Rp300.000. Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat. Daftar lengkap http://bantuanppkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuni.”

Baca Juga:  Cegah Kenakalan Remaja, Polisi di Purwakarta Intensifkan Kunjungan Ke Sekolah
Poster hoaks Bansos Kemensos Rp300.000. (Foto: Kominfo.go.id).

Pesan ini, merujuk laman Kominfo.go.id, dipastikan hoaks. Linknya saat ditelusuri Jabarnews.com, sudah tidak bisa diakses.

Halaman website tidak bisa diakses. (Foto: Dokumen Jabarnews.com)

Kasus serupa juga pernah muncul pada Juni 2022. Pesan berantai yang beredar di Whatsapp ini menginformasikan pendaftaran untuk menerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) tahap 2. Masyarakat diarahkan untuk mendaftarkan diri dengan mengakses link tertentu. Bahkan, diimingi-imingi pencairan bantuan PKH tahap 2 ini bisa dilakukan dalam waktu 24 jam.

Baca Juga:  Heboh Ditemukan Gudang Ijazah Palsu Milik Gibran, Ini Faktanya