Achmad Nugraha: Kesalahan Sistemik PPDB Tak Terulang di 2023

JABARNEWS | BANDUNG -Jelang dimulainya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajar 2023, Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, H. Achmad Nugraha D.H., S.H., melaksanakan rapat koordinasi dengan Kepala Bidang Pendidikan Sekolah menengah Kejujuran (PSMK) Dinas Pendidikan Prov Jabar Edy Purwanto, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Barat Ai Nurhasan, dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Syurya Santana.

Achmad mengingatkan kepada Disdik Kota Bandung agar menyosialisasikan sistem PPDB daring secara masif dan merata agar seluruh orang tua murid mengerti prosesi pendaftaran anaknya nanti.

Baca Juga:  Soal Nyanyi Indonesia Raya Sebelum Sholat Tarawih, Uu Ruzhanul Ulum Minta Tokoh Agama Segera Bertindak

“Kita berharap tidak ada lagi kesalahan sistemik dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) karena sudah berbasis online. Bagaimana pun, tidak semua orang tua murid tidak mengerti dan paham (sistem online),” ucap Achmad, Selasa (30/5/2023).

Achmad Nugraha berpesan agar kepala sekolah agar merespons ketika orang tua murid ingin bertemu langsung.

Achmad meminta kepada pemerintah provinsi untuk tegas agar tidak ada lagi ijazah yang disimpan di sekolah, baik negeri maupun swasta.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Rabu 21 Desember 2022

“Sebaiknya segera diberikan saja kepada siswa. Tinggal diumumkan secara terbuka kapan pengambilan ijazah, dan jangan dikaitkan dengan persoalan pembiayaan siswa di sekolah,” katanya.

Achmad Nugraha mengatakan, bagi siswa dari keluarga tak mampu yang bersekolah di swasta tak usah khawatir. DPRD Kota Bandung akan mendorong terkait Bantuan Anggaran kepada sekolah SMA/SMK Swasta yang ada di Kota Bandung.

“Kita juga akan menyampaikan kepada pihak provinsi untuk bantuan-bantuan agar sesuai dengan distribusinya, itu salah satu aspirasi warga Kota Bandung bukan aspirasi sekolah,” kata Achmad.

Baca Juga:  SK Direksi Sebagai Bukti Tidak Mampunya Direksi Mengelola Bank BJB

Achmad pun mengimbau masyarakat agar tidak selalu menjadikan sekolah negeri sebagai pilihan utama karena pemerintah memiliki keterbatasan. Saat ini banyak sekolah swasta berkualitas di Kota Bandung yang bisa menjadi pilihan.

“Bersekolah itu tidak harus selalu di negeri karena negeri ini mempunyai keterbatasan. Itulah mengapa masa depan bangsa harus didukung oleh masyarakat, salah satunya sekolah-sekolah dari swasta,” tuturnya.* (Humpro DPRD)