Ada Fenomena Sinar Api di Kawah Gunung Tangkuban Parahu, Apa Itu?

Gunung Tangkuban Parahu
Kawah Gunung Tangkuban Parahu. (Foto: Ilmugeografi.com).

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mendeteksi adanya fenomena sinar api di Kawah Ecoma pada Gunung Tangkuban Parahu.

Plt Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengatakan, fenomena itu terdeteksi dari kamera CCTV infrared pada tanggal 9-10 Februari 2023.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Kaji Penyebab Utama Munculnya Gagal Ginjal Akut

Dia memastikan fenomena di gunung yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang itu bukan disebabkan oleh adanya magma yang naik ke permukaan.

“Pada tanggal 9 Februari 2023, terlihat pada tangkapan layar CCTV di Gunungapi Tangkuban Parahu adanya sinar api dari dalam kawah Ecoma. Selanjutnya pada tanggal 10 Februari 2023, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengirim tim,” kata Wafid dalam keterangannya, Senin (13/2/2023).

Baca Juga:  Jadi Perhatian Khusus Pemerintah, Wilayah Ciayumajakuning Mampukah Berkembang?

Dia menjelaskan kamera itu menangkap adanya sinar api mulai 9 Februari pada pukul 18.30 WIB hingga 10 Februari pukul 03.00 WIB. Namun setelah tim melakukan pengecekan, menurutnya pada 10 Februari pukul 19.00-20.00 WIB sudah tak terlihat lagi adanya sinar api di kawah itu.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Kota Bandung Diklaim Terkendali, Satgas Bilang Begini