Ada Wisata Religi Di Tengah Situ Wanayasa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Situ Wanayasa, di Desa/Kecamatan Wanayasa, Purwakarta, tak hanya menyuguhkan keindahan panorama alam dan wisata kuliner, tapi ada juga wisata religi.

Tepat di tengah-tengah situ itu, terdapat pulau kecil. Warga sekitar menyebutnya Pasir Mantri. Di pulau tersebut, terdapat puluhan makam leluhur dan para ulama besar Purwakarta zaman dulu.

Tak heran, di pulau kecil ini tak pernah sepi dari peziarah. Bahkan, para peziarah dari luar kota, seperti dari Bangka Belitung, Madura, serta Banten sering berkunjung sekadar bertawasul.

Baca Juga:  Selebaran Kata Sepakat Para SopirAngkot Purwakarta Menuai Berbagai Reaksi Netizen

Yayan Sopyan, juru kunci di makam keramat tersebut, menuturkan, di pulau kecil ini terdapat 33 makam para kyai besar zaman dulu.

Salah satunya, makam Kyai Ageung atau dalam bahasa Sunda terkenal Kiai Gede. Menurut cerita, Kyai Ageung yang nama aslinya Rd. Tisna Direja Bin Tirta Nagara ini pernah mensyiarkan ajaran islam di Wanayasa.

“Beliau (Kyai Ageung) dulu merupakan pendiri Pesantren Saung Agung yang lokasinya persis di sekitar Situ Wanayasa,” ujar Yayan, Senin (5/3/2018).

Baca Juga:  Soal Kebijakan Penanganan Covid-19, Ini Kata Satpol PP Jabar

Menurut cerita masyarakat sekitar, Kyai Ageung merupakan pendiri pesantren Saung Agung yang lokasinya tepat di pulau tersebutT

“Saat itu, tepatnya pada 1586 silam, kiai berdarah Banten ini sengaja datang ke Wanayasa untuk mensyiarakan Islam dan mempunyai 100 santri di pesantrennya itu,” paparnya.

Lalu, tambah dia, pada 1603 Kiai Ageung wafat. Kemudian, jasadnya dikebumikan oleh keluarga dan para santrinya di lokasi yang saat ini menjadi tempat wisata itu.

Sepeninggalan Kyia Ageung, pesantren tersebut dikelola dan dirintis oleh keluarga besarnya. Hingga akhirnya, satu persatu santrinya wafat dikebumikan di lokasi yang sama.

Baca Juga:  Dinsos Jabar Imbau Masyarakat Tak Berkerumun Saat Pengambilan Bansos

Sebenarnya, makam yang ada di lokasi ini berjumlah 99. Tapi, yang baru diketahui namanya baru 33.

“Situ Wanayasa merupakan suguhan lengkap bagi para pelancong yang sengaja datang ke tempat ini. Di lokasi tersebut tiga jenis wisata sekaligus, yakni wisata alam, kuliner, dan ziarah dapat langsung dinikmati. Mau mencoba tiga wisata sekaligus, datanglah ke Situ Wanayasa,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat