Aksi Heroik Polisi Purwakarta Saat Bantu Pemudik Yang Alami Sesak Nafas

Personel Polres Purwakarta saat bantu evakuasi pemudik yang mengalami sesak nafas di rest area KM 81B Tol Cipali. (Foto: Dok Polres Purwakarta)

“Diduga kelelahan dalam perjalanan, si ibu tersebut mengalami sesak nafas. Berdasarkan keterangan keluarga korban ibunya tersebut memiliki riwayat penyakit asma. Jadi dari KM 86 Tol Cipali penyakit asma si ibu kambuh, sesampainya di KM 81B meminta bantuan kepada petugas kepolisian yang sedang melakukan pengaturan di depan rest area 81B,” jelas pria yang ditugaskan menjadi Penanggungjawab Pos PAM rest area KM 81 Tol Cipali itu.

Baca Juga:  Seorang Petani di Cugenang Cianjur Ditemukan Tewas di Saung, Diduga Tersambar Petir

Darmaji melanjutkan, anggota Polres Purwakarta bersama Dinas kesehatan yang sedang bertugas, segera memberikan pertolongan pertama dan melakukan evakuasi dengan mobil ambulance serta memberikan pengawalan mobil menuju rumah sakit terdekat.

“Petugas kepolisian dan tim medis melakukan pemeriksaan tensi dan pemberian oksigen untuk bantuan pernafasan. Agar korban mendapatkan perawatan medis kemudian korban di evakuasi ke rumah sakit Siloam Purwakarta,” ucap Darmaji.

Baca Juga:  Ini Lokasi SIM Keliling Purwakarta Rabu 12 April 2023

Kapolsek menghimbau masyarakat yang sedang mudik ataupun libur lebaran agar memperhatikan kondisi kesehatan, apabila lelah, capek ataupun kondisi badan kurang fit diharapkan beristirahat tidak melanjutkan perjalanan. Hal ini beresiko menyebakan tidak focus menyetir dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga:  Ini Langkah KCD Wilayah IV Disdik Jabar Cegah Pelajar Terlibat Geng Motor

“Untuk pemudik yang sakit sudah dirawat di rumah sakit Siloam Purwakarta, kami menghimbau kepada pemudik atau masyarakat agar memperhatikan kondisi kesehatan sebelum dan pada saat di perjalanan. Jika pemudik capek segera istirahat di Rest Area yang ada di sepanjang Tol Cipali,” Pesan AKP Darmaji. (Gin)