Aktivitas Pendakian di Gunung Papandayan Garut Ditutup Total Akibat Ini

Petugas BPBD Garut bersiaga di lokasi kebakaran di Gunung Papandayan
Petugas BPBD Garut bersiaga di lokasi kebakaran di Gunung Papandayan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Kegiatan pendakian di wilayah Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, resmi ditutup sementara. Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap kebakaran yang telah terjadi di kawasan tersebut.

Kebakaran di Gunung Papandayan pertama kali dilaporkan terjadi pada malam Ahad (22/10/2023). Hingga Selasa (24/10/2023) siang, api masih belum dapat dipadamkan. Oleh karena itu, pihak berwenang memutuskan untuk menutup total aktivitas pendakian.

Baca Juga:  Polair Sosialisasikan Cegah Radikalisme Dan Anti Pancasila

“Untuk aktivitas pendakian ditutup total,” kata Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah V Kabupaten Garut, Dodi Arisandi kepada awak media, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga:  BNPT Akan Bangun Kawasan Terpadu Nusantara di Garut

Meskipun pendakian ditutup, kunjungan wisata ke pemandian air panas dan destinasi lain di kaki Gunung Papandayan masih diperbolehkan.

Pihak berwenang telah berupaya keras untuk mengendalikan kebakaran tersebut. Sekitar 152 personel gabungan telah dikerahkan sejak pagi Selasa. Mereka dibagi menjadi tiga regu, dengan dua regu bertugas melakukan pemadaman dan satu regu lainnya mengurus logistik.

Baca Juga:  99 Orang Kecarunan Massal Diduga Usai Makan Takjil, Satu Orang Meninggal Dunia