Aktivitas Pendakian di Gunung Papandayan Garut Ditutup Total Akibat Ini

Petugas BPBD Garut bersiaga di lokasi kebakaran di Gunung Papandayan
Petugas BPBD Garut bersiaga di lokasi kebakaran di Gunung Papandayan. (foto: istimewa)

Regu pemadam pertama fokus pada penanganan di wilayah Blok Masigit, sementara regu lainnya berupaya membuat sekat bakar di Blok Tegal Alun.

Hingga saat ini, perkiraan sementara menyebutkan bahwa kebakaran telah melanda kawasan Gunung Papandayan seluas sekitar 50 hektar, namun perhitungan yang lebih akurat masih dalam proses.

Baca Juga:  Milenial Smartren Bisa Berikan Ilmu Keagamaan Selama Bulan Ramadhan, Kata Uu Ruzhanul Ulum

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Aah Anwar, menjelaskan bahwa penanganan kebakaran di Gunung Papandayan dihadapi sejumlah kendala.

Salah satu kendala utama adalah medan yang terjal dan lokasi yang tinggi. Angin kencang juga menjadi faktor yang menyulitkan upaya pemadaman karena berpotensi menyebabkan penyebaran titik api yang sulit dikendalikan.

Baca Juga:  Polda Jabar Minta Masyarakat Tidak Buka Lahan dengan Cara Dibakar

“Ditambah lagi kondisi angin kencang, menyulitkan upaya penanganan. Karena angin memungkinkan penyebaran titik api yang sulit diatasi,” kata Kepala BPBD Kabupaten Garut, Aah Anwar.

Baca Juga:  Diterjang Puting Beliung Sabtu Siang, Sejumlah Rumah dan Pabrik di Garut Alami Kerusakan

Pihak berwenang terus berupaya melakukan pemadaman kebakaran dan memantau perkembangan situasi di Gunung Papandayan. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News