Aktivitas Vulkanik Gunung Salak Meningkat, PVMBG Keluarkan Peringatan Ini

Gunung Salak di Jawa Barat.
Gunung Salak di Jawa Barat. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah mengeluarkan peringatan terkait potensi erupsi freatik di Gunung Salak, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Peringatan PVMBG ini muncul setelah Kota Bogor mengalami gempa bumi dengan kekuatan 4,0 magnitudo pada Jumat (8/12) dini hari, yang memicu peningkatan aktivitas gunung tersebut.

Baca Juga:  Seluruh OPD Kota Bandung Kini Bisa Akses Data Kependudukan

Menurut PVMBG, jumlah gempa tektonik lokal di sekitar Gunung Salak mengalami peningkatan signifikan. Pada tanggal 6 Desember 2023, tercatat 8 kejadian, diikuti dengan 7 kejadian pada 7 Desember dan 7 kejadian pada 8 Desember.

Baca Juga:  Hadapi Lonjakan Wisatawan, Polisi Sukabumi Lakukan Rekayasa Lalin di Tempat Wisata

Meskipun pengamatan visual gunung api sulit dilakukan karena tertutup kabut, asap kawah tidak teramati. Selain itu cuaca berubah-ubah dari cerah hingga hujan dengan angin lemah ke arah selatan.

Baca Juga:  Elemen Petani dan Koalisi Masyarakat Sipil Pro-Demokrasi Beri Dukungan untuk Kemenangan Ono Surono di Pilkada Jabar

Suhu udara di sekitar Gunung Salak berkisar antara 22-32°C, dengan dominasi gempa tektonik Jauh sebanyak 31 kali kejadian dan gempa tektonik lokal sebanyak 22 kali kejadian.