Antisipasi El Nino, Pemkab Purwakarta Siagakan Destana

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menyapa para relawan Destana usai Apel Besar. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Mengantisipasi bencana kekeringan akibat El Nino, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menggelar apel besar Desa Tangguh Bencana (Destana), di Taman Pasanggrahan Padjajaran, Komplek Kantor Pemkab Purwakarta, pada Senin, 26 Juni 2023.

Apel Besar Destana terus dipimpin langsung Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika yang diikuti para Kepal OPD, Para Camat, Kepla Desa Se Kabupaten Purwakarta dan para relawan Destana.

Baca Juga:  LKPJ Bupati Purwakarta : PR Besar Bernama "Kemiskinan"

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, sebuah desa disebut mempunyai ketangguhan terhadap bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Baca Juga:  Ini Jadwal Operasi Pasar Murah Di Kabupaten Bandung

Menurutnya, apel besar desa tangguh bencana ini merupakan bentuk dan upaya antisipasi sejumlah kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Jamin Masyarakat Dapat Hewan Kurban Sehat Jelang Iduladha, Bupati Purwakarta Lakukan Ini

“Setelah mendapatkan pelatihan dan arahan-arahan dari BPBD, Destana di Kabupaten Purwakarta diharapkan memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dalam menghadapi potensi ancaman bencana dan mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana yang terjadi,” Ujar Ambu Anne.