Antisipasi El Nino, Pemkab Purwakarta Siagakan Destana

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika saat menyapa para relawan Destana usai Apel Besar. (Foto: Gin/Jabarnews)

Ambu Anne juga mengatakan, Destana merupakan salahsatu perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana dan dampak yang ditimbulkan.

Tujuan pengembangan desa tersebut adalah untuk melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bahaya dari dampak-dampak merugikan bencana, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumber daya dalam rangka mengurangi risiko bencana.

Baca Juga:  Warga Pasawahan Purwakarta Yuk Datang ke Bazar Ramadan Kamis 30 Maret 2023, Ada Sembako Murah

“Melalui Destana, kita juga mengupayakan peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya, dan pemeliharaan kearifan lokal bagi pengurangan risiko bencana, meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan risiko bencana,” sebutnya.

Baca Juga:  Selama Mudik Lebaran Penumpang KRL di Stasiun Bogor Naik 100 Persen Lebih

Dengan program ini, kata Ambu Anne, diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam pengurangan resiko bencana, mulai dari pihak pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, LSM, Ormas dan kelompok-kelompok lain yang peduli terhadap bencana.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Kerahkan Ratusan Mobil Dinas Jemput Calon Jemaah Haji

“Pemda Purwakarta melalui BPBD selalu mencermati perkembangan cuaca melalui informasi BMKG sebagai salah satu upaya kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap bencana, hal ini dikarenakan upaya pencegahan mitigasi dan kesiapsiagaan harus terus-menerus dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Ambu Anne. (Gin)