Antisipasi Penyebaran Covid-19 Varian Baru, Dinkes Cianjur Tingkatkan Pemeriksaan dan Skrining

Ilustrasi kasus Covid-19. (Foto: Dodi/JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur terus melakukan dan meningkatkan skrining terhadap pasien atau warga yang mengeluhkan sakit dengan gejala Covid-19.

Hal tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian baru Omicron BA4 dan BA5.

Sekretaris Dinkes Cianjur dr Yusman Faisal mengatakan, setiap hari tenaga kesehatan di masing-masing wilayah di Cianjur, melakukan pemeriksaan terhadap 3.000 orang sebagai sampel dan meningkatkan vaksinasi dosis tiga atau booster.

Baca Juga:  Cianjur Habiskan 10 Juta Liter Air Selama Musim Kemarau, Wilayah Kekeringan Terus Bertambah

“Setelah dua bulan nol kasus, kita menemukan satu pasien positif Covid-19, namun belum dapat dipastikan varian baru atau bukan. Namun hasil tes cepat dan usapnya sudah di kirim ke Labkesda Bandung. Kita berharap tidak lagi meningkat,” kata Yusman di Cianjur, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga:  Kawal Pesta Demokrasi, Prajurit Kodam Brawijaya Diminta Bersikap Netral

Meski baru satu orang yang dilaporkan terpapar setelah dua bulan terakhir nol kasus, pihaknya terus mengimbau satuan tugas di masing-masing kecamatan untuk meningkatkan pemeriksaan dan segera melaporkan jika menemukan kasus positif serta penanganan cepat.

Baca Juga:  Duh! Caleg DPR RI Ini Lakukan Pelanggaran Pidana saat Kampanye di Cianjur

Untuk antisipasi lainnya, ungkap dia, vaksinasi lengkap warga lebih ditingkatkan terutama untuk dosis tiga atau booster yang sudah mencapai 45 persen dari target 1,6 juta penerima.