Antisipasi Serangan Siber, Diskominfo Jabar Perkuat Kapasitas SDM dan Infrastruktur

Diskominfo Jabar
Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Pemda Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar intens memperkuat kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur guna mencegah serangan siber.

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah menuturkan, pihaknya secara kontinu melakukan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM.

Baca Juga:  Susah Verifikasi Biometrik JMO? Jangan Khawatir, Begini Caranya

Selain itu, Diskominfo Jabar juga intens berkomunikasi dan berkoordinasi dengan perangkat daerah di Lingkungan Pemda Provinsi Jabar serta Diskominfo Kabupaten dan Kota di Jabar untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebocoran data.

Baca Juga:  Kades Pangkalan Purwakarta Mundur dari Jabatannya Usai Didesak Warga, Ternyata Gegara Ini

“Pelatihan tidak hanya terbatas di Dinas Kominfo, tetapi juga seluruh perangkat daerah, termasuk juga kabupaten dan kota. Pelatihan yang dilakukan bisa berupa drill test, tapi juga bisa menjadi hacker. Jadi dilatih juga seperti itu,” ucap Ika di Kota Bandung, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga:  Wujudkan SDM yang Sehat dan Unggul, Pemkab Bandung Barat Fokus Atasi Stunting

Ika juga mengatakan, pihaknya secara konsisten melakukan backup data sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, sehingga ketersediaan data selalu terjaga. Back up data ditempatkan di pusat data lainnya sebagai Disaster Recovery Center (DRC).