Bambang Tirtoyuliono Dorong Adanya Kawasan Bebas Sampah Baru di Kota Bandung

Pemkot Bandung
Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono saat memimpin Rapat Pimpinan di Balai Kota Bandung, Senin 2 Oktober 2023. (Foto: Istimewa).

“Semua akan diberikan target. Misal, minimal 5 KBS per kelurahan, nanti kita cek. Kalau belum tercapai kita cari apa masalahnya,” imbuhnya.

Selain itu, Bambang juga menginstruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang mengelola sampah dengan Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah).

Baca Juga:  Kasdim 0619/Purwakarta Pimpin Sosialisasi & Penanaman Pajale

Ia menyebut sampah merupakan persoalan perkotaan yang harus diselesaikan dengan kolaborasi dan sinergisitas seluruh elemen masyarakat. Hingga nantinya menjadi kebiasaan masyarakat.

Baca Juga:  Ponpres Al Muhajirin Purwakarta Gelar Doa Bersama Untuk Sulteng

“DLH jadi leading sektor ajak relawan seperti Karang Taruna untuk melakukan edukasi ke masyarakat. Misal Disdik bisa tidak jadi muatan lokal untuk edukasi lingkungan untuk edukasi di sekolah,” ujarnya.

Baca Juga:  Bawaslu Kota Bandung Ingatkan Panwascam Junjung Tinggi Netralitas di Pemilu 2024

Selain itu, Bambang menyebut saat ini masih ada puluhan TPS yang masih overload. Untuk itu, Pemkot Bandung juga telah mengajukan penambahan kuota pembuangan sampah ke TPA Sarimukti.