Banyak Warga Cianjur Ngeluh, Begini Langkah Herman Suherman Atasi Kekeringan saat Musim Kemarau

Bupati Cianjur Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman. (Foto: Mul/JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan bahwa pihaknya membangun sejumlah sumur bor di wilayah selatan Cianjur yang rutin terdampak kekeringan saat masuknya musim kemarau.

Herman mengaku, sejak satu pekan terakhir banyak mendapat laporan warga di sejumlah wilayah di Cianjur mulai dari wilayah timur, utara dan selatan kesulitan mendapatkan air bersih karena dampak musim kemarau.

Baca Juga:  Meski Diterjang Bencana Alam, Herman Suherman Minta Warga Cianjur Perhatikan Saudara Muslim di Palestina

“Kami sudah siapkan delapan titik sumur bor untuk mengatasi dampak musim kemarau khususnya di wilayah selatan yang sulit dijangkau tangki air bersih, kalau untuk wilayah kota, utara dan timur dibantu lima tangki air bersih milik Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Cianjur dan PMI,” kata Herman di Cianjur, Senin (4/9/2023).

Baca Juga:  Puan Maharani Minta Masyarakat Segera Lapor Jika Ada Pungli Bantuan Gempa Cianjur

Tidak hanya kebutuhan air bersih warga, pihaknya juga meminta Dinas Pertanian Cianjur, memberikan bantuan pompa untuk kelompok tani yang kesulitan mendapatkan air guna mengairi sawahnya, sehingga petani tidak mengalami gagal panen dan hasil produksi menurun.

Baca Juga:  Tim DVI Polri Berhasil Identifikasi 145 Jenazah Korban Gempa Cianjur

Herman menjelaskan, saat ini lebih dari 18 kecamatan di Cianjur mengalami kekeringan, termasuk wilayah potensial yang selama ini menjadi lumbung padi Cianjur, namun tidak separah tahun sebelumnya karena sumber air masih ada meski debit nya berkurang.