Batu di Sungai Bah Bolon Serdang Bedagai Dicuri, Ini Penjelasan Kades Buluh Duri

Batu Sungai
Tumpukan batu dari sungai Bah Bolon. (Foto: Ahmad/JabarNews).

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Pencurian batu jenis batu koral dan batu padas di sekitar aliran sungai Bah Bolon di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai terus terjadi.

Pantauan di lapangan, Selasa (14/3/2023) sejumlah tumpukan batu koral dan batu padas diduga berasal dari sungai Bah Bolon terlihat menumpuk sekitar pemukiman warga. Bahkan beberapa orang terlihat sedang menaikan batu padas ke atas truk.

Baca Juga:  Tabrakan Maut di Serdang Bedagai, Dua Orang Tewas

Pencurian batu di aliran sungai Bah Bolon sudah berlangsung cukup lama, bukan hanya batu koral yang dicuri, namun para penambang galian C diduga ilegal melakukan perusakan batu padas yang ada di dasar sungai.

Baca Juga:  DPO 3,5 Tahun, Tersangka Korupsi Pasar di Serdang Bedagai Ditangkap di Yogyakarta

Batu padas diambil penambang dari dasar sungai, lalu dijual. Namun tidak ada pelaku diamankan atas terjadinya kerusakan lingkungan dan alam, padahal kala itu Kadis lingkungan Hidup Pemkab Serdang Bedagai sudah turun ke lokasi melihat terjadi pencurian batu padas di aliran sungai Bah Bolon.

Baca Juga:  Banjir Serdang Bedagai Mulai Surut, Tinggal Puluhan Rumah Terendam

Kades Buluh Duri, Dewi Yanti Purba mengaku tidak tahu adanya pencurian batu di sekitar sungai Bah Bolon di sekitar kawasan wisata Ancol dan Batu Nongol di Desa Buluh Duri.