Batu di Sungai Bah Bolon Serdang Bedagai Dicuri, Ini Penjelasan Kades Buluh Duri

Batu Sungai
Tumpukan batu dari sungai Bah Bolon. (Foto: Ahmad/JabarNews).

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Pencurian batu jenis batu koral dan batu padas di sekitar aliran sungai Bah Bolon di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai terus terjadi.

Pantauan di lapangan, Selasa (14/3/2023) sejumlah tumpukan batu koral dan batu padas diduga berasal dari sungai Bah Bolon terlihat menumpuk sekitar pemukiman warga. Bahkan beberapa orang terlihat sedang menaikan batu padas ke atas truk.

Baca Juga:  Disambangi SBY di Pameran UMKM, Nia Rohania Ngaku Bangga Jadi Bagian Partai Demokrat

Pencurian batu di aliran sungai Bah Bolon sudah berlangsung cukup lama, bukan hanya batu koral yang dicuri, namun para penambang galian C diduga ilegal melakukan perusakan batu padas yang ada di dasar sungai.

Baca Juga:  Wisata Alam Bartong, Surga Kecil Tersembunyi di Serdang Bedagai

Batu padas diambil penambang dari dasar sungai, lalu dijual. Namun tidak ada pelaku diamankan atas terjadinya kerusakan lingkungan dan alam, padahal kala itu Kadis lingkungan Hidup Pemkab Serdang Bedagai sudah turun ke lokasi melihat terjadi pencurian batu padas di aliran sungai Bah Bolon.

Baca Juga:  Ramalan Cuaca Kota Bandung, Minggu 20 Maret 2022

Kades Buluh Duri, Dewi Yanti Purba mengaku tidak tahu adanya pencurian batu di sekitar sungai Bah Bolon di sekitar kawasan wisata Ancol dan Batu Nongol di Desa Buluh Duri.