Beda Fasilitasnya! Berikut Ini Jenis-jenis Ambulans yang Ada di Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Sudah diketahui secara umum, mobil ambulan merupakan salah satu kendaraan yang memiliki hak prioritas di jalan raya mengacu yang pada Undang-undang. Sebab itulah, kenapa ambulans kerap menyalakan sirene ketika membawa pasien atau dalam keadaan darurat.

Meski begitu, sudah tahukah kalian, ternyata ada 4 jenis ambulans yang diproduksi dan beredar di Indonesia? Simak, berikut ini mobil ambulans yang sudah beredar di indonesi seuai ketetapan Kementrian Kesehatan.

1. Ambulans Transportasi. sesuai namanya, ambulans transportasi digunakan bagi pasien yang tidak memerlukan penanganan dan peralatan khusus. Jenis pasien yang diangkut adalah yang tidak memerlukan penanganan khusus dan menurut diagnosis kondisinya tidak akan menimbulkan gawat darurat dalam perjalanan.

Baca Juga:  Ini Kiat Aman Bersepeda di Masa Pandemi Covid-19

Ambulans transportasi dilengkapi dengan alat Kesehatan standar seperti tabung oksigen, pengukur tekanan darah, obat obatan sederhana dan cairan infus.

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/zIikEe0udZo” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

2. Ambulans Advance atau Emergency. Kendaraan jenis ambulan ini diperuntukkan sebagai armada yang siaga untuk kondisi gawat darurat. Jenis pasien yang dibawa biasanya dalam kondisi lebih kritis dan memerlukan penanganan secepatnya dirumah sakit serta penanganan sementara di ambulans.

Baca Juga:  Ketua Bawaslu Purwakarta Tekankan Jajarannya Akan Pentingnya Koordinasi

Jenis ambulans ini juga dialihfungsikan sebagai tempat tindakan sementara bagi pasien kritis yang tidak memungkinkan untuk dibawa ke Rumah Sakit.

Oleh karenanya, dalam ambulan Advance atau Emergency ini, sarana alat Kesehatan yang disediakan jauh lebih lengkap dari ambulans transportasi. Diantaranya, lampu operasi, tabung oksigen, kotak P3K, dan gantungan Infus dan incubator.

3. Ambulans Rumah Sakit Lapangan. Ambulans jenis ini kerap kali digunakan sebagai pos penyuluhan bergerak yang memungkinkan tenaga kesehatan untuk mengedukasi masyarakat yang lokasinya jauh dari Rumah Sakit terdekat.

Baca Juga:  Sidang Pledoi Habib Bahar Bin Smith Dijadwalkan 4 Agustus 2022 Mendatang

Contohnya sebagai pelayanan Kesehatan bergerak seperti pos vaksinasi sehingga tidak memerlukan alat kesehatan yang lengkap.

4. Ambulans Jenazah. Jenis ambulans terakhir ini diperuntukkan sebagai sarana pengangkutan jenazah. Kerap kali ambulans jenis ini tidak membawa alat Kesehatan sama sekali, hanya terdiri dari bangku, lemari dan keranda jenazah. Karena fungsinya yang terbatas sebaga alat transportasi.