Kesel Dengan Ponsel Lemot? Ini Cara Mengatasinya

JABARNEWS | BANDUNG – Ponsel ataupun Smartphone sudah menjadi kebutuhan setiap orang untuk melakukan berbagai aktivitasnya, dari mulai bangun tidur hingga mau tidur kembali.

Hampir kebanyakan orang melakukan aktivitasnya dibantu dengan ponsel, seperti: untuk mencatat, menghitung, mengambil dokumentasi (rekaman suara/kamera/video) atau bahkan hanya sekedar hiburan dengan bermain game misalnya.

Namun, apa jadinya jika ponsel yang menjadi andalan itu lemot atau kurang maksimal dalam membantu melakukan aktivitas sehari-hari? tentu akan menjadi masalah apalagi bagi orang yang ketergantungan dengan ponsel.

Random Acces Memory (RAM) menjadi komponen yang sangat menentukan untuk kecepatan ponsel dan kinerja ponsel. Tetapi semakin tinggi RAM semakin besar juga harga ponsel tersebut.

Baca Juga:  PBNU Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pesantren An Nahdliyah Padamulya Kuningan

Jabarnews telah mengumpulkan beberapa cara agar ponsel yang memiliki RAM kecil namun bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari dan tidak menemukan kendala nge-lag, nge-hang ataupun lemot.

Langsung saja, berikut tiga cara memaksimalkan kinerja ponsel yang memiliki kapasitas RAM kecil:

1. Utamakan Kebutuhan – Sebelum masuk ke sejumlah aplikasi yang membuat ponsel lemot, alangkah baiknya diingat terlebih dahulu, ponsel dibutuhkan untuk apa saja? main game? mencatat? merekam? atau hanya sekedar alat komunikasi?

Baca Juga:  Tingkatkan Keindahan dan Estetika Kota, Disperkim Purwakarta Pasang Ini

Jika kebutuhan itu sudah diketahui, tentu pengguna ponsel akan lebih bijak untuk memasang ataupun menginstal aplikasi. Semakin banyak aplikasi justru akan menurunkan performa ponsel.

Aplikasi yang diinstal di ponsel harus sesuai dengan kebutuhan untuk membantu melakukan aktivitas seperti aplikasi Office, Aplikasi Multimedia hingga aplikasi Game.

2. Hapus File Sampah – Sebuah ponsel yang telah digunakan akan menyimpan banyak Cache di memori nya, dan itu membuat kinerja ponsel menjadi semakin melemah.

Bagaimana cara hapus Chace? tenang, untuk menghapus cache, bisa masuk ke menu setting, kemudian aplikasi dan di setiap aplikasi ada pilihan untuk menghapus chace.

Baca Juga:  Teror Bom di Garut, Kapolda Jabar: Masyarakat Jangan Panik

Atau bisa juga, dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Clean Master dan sebagainya.

3. Perhatikan Pembaharuan Software – Ponsel yang jarang diupdate biasanya akan mengalami penurunan performa karena aplikasi yang telat update itu akan mengganggu aktivitas ponsel.

Sebaiknya pengguna lebih memberikan perhatian ataupun dengan cara mengaktifkan fitur auto-check dan auto-update-software.

Kesimpulannya, sebuah ponsel yang berkapasitas RAM kecil tidak akan mampu menjalankan aplikasi yang banyak secara bersamaan, aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan akan membuat kinerja ponsel menjadi lemot.

Penulis: Solahudin