Belasan Warga Sei Rampah Terjangkit DBD

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Sedikitnya terdapat 12 warga di Dusun 13, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terjangkit penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 11 warga sudah sembuh, namun satu pasien yang berusia 8 tahun masih mendapatkan perawatan di RSUD Sultan Sulaiman.

“Ada 12 warga Desa Firdaus terjangkit DBD, namun 11 sudah sembuh tinggal seorang Balita masih menjalani perawatan di RSUD Sultan Sulaiman,” kata Kadis Kesehatan Serdang Bedagai dr Bulan Simanungkalit, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga:  Buntut Gadai Sertifikat Tanah Desa, Kades Mekarwangi Digeruduk Puluhan Warga

Menurutnya, penyakit DBD terjadi sejak beberapa hari lalu di Dusun 13, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah. Adanya warga terjangkit DBD, Dinas Kesehatan langsung perintahkan Puskesmas Sei Rampah untuk merujuk warga terjangkit DBD ke RSUD Sultan Sulaiman.

Baca Juga:  Warga di Ciamis Rugi hingga Ratusan Juta karena Kebakaran, Kisahnya Berawal dari Sholat Maghrib

“Tim kesehatan sudah mendirikan posko di lokasi untuk memberikan bantuan kesehatan warga yang membutuhkan pengobatan,” ucapnya.

Ia berharap, warga agar menutup bak penampungan air dan membuang sampah pada tempatnya. Hal itu mengantisipasi bersarangnya nyamuk untuk berkembang biak. Sebab DBD terjadi karena gigitan nyamuk.

Baca Juga:  Bawaslu Purwakarta Minta Masyarakat Proaktif Laporkan Pelanggaran Kampanye

Sementara itu, Boru Gultom warga Dusun 13, Desa Firdaus mengatakan, awalnya dalam beberapa hari suhu badannya naik kemudian berobat ke RSUD Sultan Sulaiman.

“Saya tahunya terjangkit DBD setelah berobat di rumah sakit,” ucapnya. (CR3)