Bentuk Kemandirian Pesantren, Ponpes Hidayatul Mubtadi-ien Purwakarta Sukses Budidaya Melon Inthanon

Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien, Ustad Agus Aliyudin saat memanen Melon hasil budidaya para santri. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, salah satu sektor yang masih menggeliat adalah pertanian. Bahkan, saat ini menjadi ujung tombak ketahanan pangan nasional dan menjadi salah satu solusi ketersediaan lapangan pekerjaan.

Bertani saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat di tengah pandemi. Dengan memanfaatkan lahan terbatas, hasilnya sudah bisap dinikmati dalam waktu singkat.

Baca Juga:  Kasus COVID-19 Tambah Puluhan Ribu dalam Sehari, Jawa Barat Juara Kedua

Sebagaimana dilakukan oleh para santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien yang berada di Kampung Babakantugu, Desa Sindangpanon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Pemkab Ciamis Krisis Jabatan Pengaruhi Kinerja OPD

Di tengah badai Covid-19 ini, para santri asuhan Ustad Agus Aliyudin itu berhasil mengembangkan budidaya melon jenis Inthanon (Gold Emperald) dengan menggunakan teknik green house modern. Mereka menanam melon pada lahan seluas 500 meter persegi.

Baca Juga:  Banyak Wilayah Yang Rawan Bencana, Gubernur Ridwan Kamil Minta BPBD Siaga Satu

Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien, Ustad Agus Aliyudin mengatakan, budidaya melon ini mulai digeluti semenjak 2021 lalu. Inisiatif itu muncul sebagai upaya menggerakkan dan mengembangkan perekonomian di lingkungan pesantren.