Bersama Human Initiative, Komunitas Cakradaya Maruna Lakukan Kegiatan Sosial Pemulihan Pasca Gempa di Cianjur

Cek kesehatan warga Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Cek kesehatan warga Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Foto: Komunitas Cakradaya Maruna)

Manajer proyek Human Initiative, Mas Irsak Sirajuddin, yang juga merupakan salah satu penerima beasiswa LPDP angkatan 206 (Komunitas Cakradaya Maruna), menyampaikan bahwa masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk pemulihan di Desa Sukamulya.

Maka dari itu, bersama dengan Human Initiative, Komunitas Cakradaya Maruna turut serta berkontribusi untuk memulihkan keadaan di Desa Sukamulya, Cianjur berupa proyek sosial yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2023 lalu.

Baca Juga:  Bapenda Cianjur Beberkan Donasi Bantuan Korban Gempa, Pembuatan Jemuran Telan Biaya Rp25 Juta

“Sejak bulan November 2022, masih banyak warga yang tinggal di desa pengungsian meskipun hunian sementara dan rumah tetap sudah mulai berdiri. Beberapa warga masih khawatir jika sewaktu-waktu gempa terjadi kembali” kata Rizqan Adhima, Koordinator Tim Proyek Sosial Komunitas Cakradaya Maruna, usai melakukan survey di lapangan pada 18 Juni 2023 lalu.

Baca Juga:  Disdik Jabar akan Lakukan Trauma Healing pada Siswa Korban Gempa Cianjur Jelang UAS

Oleh karena itu, lanjut Rizqan, pihaknya melakukan sosialisasi tanggap bencana untuk siswa Sekolah dasar agar mereka memiliki kesiapan ketika menghadapi potensi bencana di kemudian hari.

Baca Juga:  Majalengka Siaga Bencana, Ini Yang Dilakukan Plt. Bupati

“Kami juga membangun tempat pembuangan sampah dan melakukan cek kesehatan dasar yang merupakan permintaan warga Desa Sukamulya,” ungkapnya.