Bersih-bersih Sampah Di Situ Wanayasa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Puluhan pemuda Desa/Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menggelar operasi untuk membersihkan sampah di kawasan wisata alam Situ Wanayasa.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami karena banyak bertebaran sampah yang dibuang sembarangan oleh wisatawan,” kata Ketua Komunitas Peduli Pariwisata (Kompepar) Desa Wanyasa, Agus Setiawan (34), Jumat (9/3/2018).

Menurut dia, bila sampah ini dibiarkan berserakan maka akan terus menumpuk dan mengganggu kenyamanan. Selain itu, juga bisa merusak alam karena banyak sampah plastik yang tidak bisa diurai oleh tanah.

Baca Juga:  Sasar Bisnis Mancanegara, Kabupaten Bandung Perbesar Peluang Ekspor Kopi

“Apalagi objek wisata Situ Wanayasa merupakan salah sumber air di Wanayasa. Jika kondisi alamnya rusak maka yang terkena dampaknya adalah seluruh masyarakat,” ujar Agus.

Aksi ini merupakan kegiatan rutin para pemuda pecinta lingkungan. Bahkan selama 10 pekan puluhan pemuda turun tangan melakukan operasi sampah di Desa Wanayasa hingga obyek wisata.

Baca Juga:  Penjelasan DLHK Kota Depok Soal Penyebab Limbah Busa di Kali Baru

“Kegiatan kami ini ternyata turut didukung oleh unsur Muspika Wanayas dan beberapa lembaga serta organisasi kepemudaaan lainnya yang peduli terhadap lingkungan hidup,” katanya.

Ia berharap, masyarakat khususnya pengunjung atau wisatawan agar lebih peduli terhadap alam dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga:  Cegah Kriminalitas, Polisi Minta Warga di Purwakarta Kembali Aktifkan Ronda Malam

“Jangan hanya mengandalkan petugas kebersihan karena kebersihan sebagian dari Iman,” kata dia.

Melihat aksi tersebut, Kapolsek Wanayasa, AKP Sutikno, mengatakan, kegiatan ini harus dicontoh semua pihak, baik masyarakat sekitar maupun pengunjung.

“Jika objek wisata kotor atau dipenuhi sampah maka selain terlihat tidaknya nyaman juga bisa merusak lingkungan,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat