Bey Machmudin Ingatkan ASN Jaga Netralitas saat Pemilu 2024

Bey Machmudin
Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin saat Monitoring ke tiga TPS di Kota Bandung, Kamis (21/9/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga pribadi maupun intitusi dengan tetap netral pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Bey mengatakan bahwa pada 14 Februari 2024 rakyat akan memilih presiden dan wakil presiden, serta legislator yang terdiri dari DPR, DPD, dan DPRD. Sementara 27 November 2024, rakyat akan memilih kepala daerah baik itu gubernur, bupati, maupun wali kota.

Baca Juga:  Rizki Febian Lapor Polisi Terkait Kematian Sang Ibunda

“Saya berharap para ASN memahami betul arti netralitas, mana yang boleh dan mana yang tidak. Netralitas bukan berarti kita tidak boleh menegakkan aturan. Jadi selain tidak memihak, kita harus berani tidak memberikan dukungan serta berani menegakkan aturan,” kata Bey di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (16/10/2023).

Baca Juga:  Prajurit TNI Rehab Rumah Warga di Lokasi TMMD

Dengan prinsip netralitas, dia berharap ASN dapat menyikapi situasi politik dengan tidak terpengaruh atau mempengaruhi pihak lain untuk melakukan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan atau ketidaknetralan.

Baca Juga:  Dishub Kota Bandung: Tidak Ada Kecelakaan Selama Masa Mudik Lebaran

Pada saat bersamaan, Bey meminta Badan Pengawas Pemilu menegakkan aturan dengan lebih tegas. Berbagai pelanggaran pemilu merupakan tanggung jawab Bawaslu untuk menertibkan.