Bikin Syahdu, di Purwakarta Ada Objek Wisata Birdwatching

Kegiatan birdwatching atau mengamati burung di Kampung Cisaat, Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Pokdarwis Kabupaten Purwakarta).

Ketua Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (FK Pokdarwis) Kabupaten Purwakarta, Mokhamad Aripin mengatakan, pengembangan wisata minat khusus ini menjadi bagian dari upaya edukasi keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna di kawasan Kecamatan Sukasari.

“Jika dulu masyarakat di lereng Sanggabuana ada yang memburu burung, terutama anak-anak burung langka untuk dijual. Nah sekarang mereka memburu untuk tujuan lain. Sarang burung yang berisi anak burung di sekitaran Sanggabuana sekarang dicari untuk dijadikan obyek wisata minat khusus,” ucap Pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, Pada Senin, 26 Februari 2024.

Baca Juga:  Achmad Nugraha: Kesalahan Sistemik PPDB Tak Terulang di 2023

Menurutnya peralihan masyarakat dalam berburu burung, dari yang sebelumnya berburu untuk dijual menjadi berburu untuk dimanfaatkan sebagai obyek wisata minat khusus ini merupakan peralihan yang positif.

Baca Juga:  Siswi SMP di Karawang Jadi Korban Pelecehan Seksual, Polisi Buru Pelakunya

“Jadi satwanya terjaga dan populasi bertambah, dilain pihak masyarakat mendapat manfaat ekonomi yang lebih besar daripada memburu satwa untuk dijual.” ucapnya.

Baca Juga:  Waduh! Ribuan Orang di Kabupaten Bandung Masih Terpapar NII

Kang Ipin menambahkan bahwa apa yang dilakukan oleh masyarakat Sukasari ini merupakan bagian dari upaya konservasi di Sanggabuana.