BMKG: Waspada Potensi Gelombang Tinggi di Pantai Selatan

Ilustrasi, gelombang tinggi. (Dodi/Jabarnews)

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau wisatawan yang berwisata di Pantai Selatan Jawa khususnya wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya gelombang tinggi.

“Saat liburan sekolah seperti saat sekarang ini, tidak menutup kemungkinan masyarakat memanfaatkannya untuk berlibur ke pantai,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo dilansir dari Antara, Selasa 21 Desember 2021.

Baca Juga:  Catat! Jadwal dan Lokasi Bazar Murah Pemkab Purwakarta Selama Ramadhan

Akan tetapi, kata dia, wisatawan sering kali lengah terhadap kondisi gelombang karena saking asyiknya bermain air atau mandi di pantai.

Baca Juga:  Dikdik Suratno Tak Ingin Kajadian Polio Ada di Kota Cimahi, Masyarakat Diminta Lakukan Ini

Menurut dia, kelengahan tersebut dapat mengakibatkan wisatawan mengalami kecelakaan seperti terseret gelombang tinggi yang datang secara tiba-tiba.

“Oleh karena itu, bagi wisatawan yang berwisata di pantai selatan Jabar, Jateng, maupun DIY, terutama wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas, kami imbau untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya gelombang tinggi dalam beberapa hari ke depan,” katanya.

Baca Juga:  Ratusan Massa Aksi Aliansi Patriot Seruduk DPM Desa Jabar