BPBD Bekasi Minta Warga di Bekasi Waspadai Bencana saat Musim Hujan

bencana alam
Ilustrasi bencana alam. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | BEKASI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi meminta warga agar mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Bekasi Dodi Supriadi mengatakan bahwa hal tersebut mengingat puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada Februari-Maret 2024.

Baca Juga:  Jadwal Tayang Film di Bioskop CGV Kota Bandung Hari Ini

“Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, puncak musim hujan di Jawa Barat pada Februari-Maret 2024. Kami mengimbau masyarakat untuk sama-sama mengantisipasi dan siaga penuh kebencanaan,” kata Dodi di Cikarang, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Enam Rumah Warga di Jatiwaras Tasikmalaya Roboh

Dia menjelaskan, potensi bencana pada musim hujan yang terjadi di Kabupaten Bekasi antara lain banjir dan angin puting beliung. Kondisi geografis dengan kontur tanah yang labil juga turut memicu terjadi longsor di wilayah itu.

Baca Juga:  Optimalkan OMPL, Polres Purwakarta Periksa Kendaraan Dinas

Menurut Dodi, masyarakat Kabupaten Bekasi secara umum telah memiliki kemampuan melakukan mitigasi bencana di lingkungan masing-masing, apalagi pemerintah daerah dalam beberapa tahun terakhir juga secara intensif melakukan pelatihan kebencanaan.