BPBD Cianjir Minta Masyarakat dan Pengguna Jalan Waspada saat Melintas Jalur Puncak

bencana alam
Ilustrasi bencana alam. (Foto: Dok. JabarNews).

JABARNEWS | CIANJUR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur meminta masyarakat dan pengguna jalan yang melintas di jalur rawan bencana termasuk Jalur Puncak-Cianjur.

Dalam imbauannya, Sekretaris BPBD Cianjur Rudi Wibowo mengatakan, kewaspadaan tersebut perlu dilakukan karena ada kemungkinan pohon tumbang karena curah hujan yang tinggi sejak dua hari terakhir.

Baca Juga:  Polisi Gerebek Tempat Produksi Miras Jenis Ciu di Tasikmalaya, Tiga Orang Diamankan

Dia menyampaikan, curah hujan tinggi berpotensi menimbulkan longsor dan banjir di semua wilayah di Cianjur, termasuk pohon tumbang karena banyak pohon tua berukuran besar terdapat di kiri kanan jalan terutama di jalur Puncak.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Akui Tunggakan Insentif Nakes Bukan Hanya di Bandung Barat

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk ekstra hati-hati dan waspada saat melintas, terutama saat hujan turun deras disertai angin kencang yang kerap terjadi setiap hari menjelang sore hingga malam. Jalur Puncak-Cianjur rawan terjadi longsor dan pohon tumbang,” kata Rudi, Sabtu (5/3/2022).

Baca Juga:  Soal Penyelewengan Bantuan Gempa, Ribuan Massa Geruduk Pendopo Cianjur, Herman Suherman Kemana?

Dia mengungkapkan, hingga pertengahan Maret, berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG, sebagian besar wilayah Jabar termasuk Cianjur, akan dilanda hujan lebat dengan intensitas tinggi.