BPBD Jabar: Pengungsi Korban Gempa Sumedang Berangsur Kembali ke Rumah

Dani Ramdan
Kepala BPBD Jabar Dani Ramdan. (Foto: Satgas Citarum Harum).

JABARNEWS | BANDUNG – Pengungsi korban gempa bumi Sumedang berangsur-angsur kembali ke rumah masing-masing. Sebagian pengungsi lain tinggal di tempat pengungsian hanya pada malam hari, sedangkan siang hari mereka beraktivitas seperti biasa.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat Dani Ramdan mengatakan bahwa pihaknya tetap menyediakan kebutuhan logistik semua pengungsi.

Baca Juga:  Antisipasi Kekeringan Karena El Nino, BPBD Jabar Lakukan Hal Ini

“Artinya ada sebagian pengungsi bersifat dinamis, mereka tidak sepanjang hari tinggal di pengungsian. Namun, kebutuhan logistik tetap kita sediakan,” kata Dani pada Kamis (4/1/2024).

Baca Juga:  Ini Langkah BPBD Jabar Antisipasi Dampak Kekeringan Akibat El Nino

Menurut Dani, pengungsi berasal dari beberapa kecamatan yang terdampak gempa, seperti Sumedang Utara, Sumedang Selatan, dan Cisarua. Dani menambahkan, BPBD Jabar terus membantu koordinasi BPBD Sumedang dalam upaya pemulihan.

“Kami terus bantu koordinasi, BPBD Sumedang dengan lembaga lain seperti Dinsos, Dinkes Jabar, TNI/Polri dan lain-lain. Sejak kejadian, kami juga telah membantu lima tenda untuk pengungsian dan evakuasi pasien RSUD Sumedang. Kami juga telah mengirimkan bantuan sembako dan air bersih, serta melakukan pendampingan tanggap darurat,” ucapnya.

Baca Juga:  Loker Operator Produksi Terbaru di Karawang, Begini Cara Daftarnya