BPBD Majalengka Minta Warga Hati-hati Buang Puntung Rokok

JABARNEWS | MAJALENGKA Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka mengimbau sekaligus meminta kepada masyarakat, untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Alasannya, musim kemarau ini, percikan api sekecil apapun, bisa menyebabkan terjadinya kebakaran hebat.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka, Toto Sumianto mengatakan pihaknya telah mengedarkan imbauan ke setiap kecamatan, terutama untuk warga yang berada di dekat area hutan atau pegunungan. Inti dari surat edaran tersebut meminta warga untuk tidak membuang puntung rokok, tidak membakar sampah sembarangan serta tidak boleh bakar semak belukar.

Baca Juga:  Alumni Muda Unpad Beberkan Alasan Berpaling dari Prabowo ke Ganjar di Pilpres 2024, Ternyata...

’’Jangan buang puntung rokok sembarangan, itu bisa memicu kebakaran hebat. Matikan rokok dengan cara memastikannya. Disiram pakai air atau diinjak hingga benar-benar mati apinya.” ungkapnya, Kamis (20/9/2018).

Baca Juga:  Kabupaten Sukabumi Siaga Darurat Kekeringan

Toto menambahkan, pihaknya juga meminta warga untuk selalu menghemat air, mengingat saat ini air menjadi kebutuhan yang sangat vital. Selain itu jika ada kebakaran hebat, maka air menjadi sarana penting untuk mematikan api yang sangat besar itu.

Baca Juga:  Wawalkot Tasikmalaya Prihatin Soal Penyobekan Al Quran

’’Kami sarankan dan imbau warga, hematlah air. Kami imbau kepada masyarakat, yang tinggal dimanapun, pada intinya jangan buang-buang air, berhematlah. Jangan buang apapun yang sekiranya menimbulkan percikan api, mengingat kondisi cuaca sangat panas. Percikan apapun bisa timbul kebakaran besar,’’ ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat