BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Hadir di Pasar Sederhana, Sosialisasikan Hal Ini

Kegiatan Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) di Pasar Sederhana, Kecamatan, Sukajadi, Kota Bandung (12/12/2023). (Foto: Istimewa).

JABARNEWS | BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci melakukan edukasi dan sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan pada kegiatan Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) di Pasar Sederhana, Kecamatan, Sukajadi, Kota Bandung (12/12/2023).

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi masyarakat pekerja tentang jaminan sosial ketenagakerjaan serta mendorong peningkatan kepesertaan khususnya pada ekosistem pasar.

Baca Juga:  Seorang Pria Asal Brebes Ditemukan Tewas dalam Toilet SPBU di Purwaharja Kota Banjar, Ini Penyebabnya

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci Opik Taufik mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pendekatan dengan pedagang pasar serta dalam rangka akusisi peserta Bukan Penerima Upah (BPU).

Baca Juga:  Soal SE Penggunaan Pengeras Suara, Uu Ruzhanul Ulum: Mendag Yaqut Jangan Bikin Gaduh!

Cara ini dinilai tepat karena ekosistem pasar menyimpan potensi pekerja di sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) yang mayoritas belum memahami pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pekerja Penerima Upah (pekerja formal) seperti karyawan dan buruh yang bekerja di perusahaan pada umumnya sudah lebih aware dengan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan namun para pekerja informal memang harus dijangkau dengan pendekatan khusus, sosialisasi memang harus dilakukan secara masif melalui komunitas profesinya atau dilakukan secara personal.

Baca Juga:  Walah! Jabar Kehilangan Lahan Hijau Seluas 300 Hektar per Tahun