Breaking News: Semburan Lumpur Panas Keluar Dari Sumur PLTP Sorik Marapi Geothermal Power

Semburan lumpur panas setinggi 30 meter yang keluar dari sumur panas bumi PLTP Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP). (Foto: Twitter @jatamnas)

JABARNEWS | MANDAILING NATAL – Masyarakat Desa Sibangor Julu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara dilanda kepanikan dengan munculnya semburan lumpur panas setinggi 30 meter yang keluar dari sumur panas bumi PLTP Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP).

Hal ini terungkap dari rekaman video yang diunggah di akun Twitter Jaringan Advokasi Tambang Nasional (JATAM Nas) @jatamnas.

Baca Juga:  Diterjang Ombak, KM Mika Karam di Mandailing Natal

“BREAKING NEWS. Semburan lumpur panas setinggi lebih dr 30 meter disertai dg bau gas menyengat terjadi di rig pengeboran panas bumi milik PT SMGP di Desa Sibanggor Julu, Mandailing Natal,” tulisnya, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga:  Siap Kawal Pemerintah, Aliansi BEM Purwakarta Segera Bentuk Presidium

Akibat dari peristiwa ini, ada 21 warga sekitar yang dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan Mandailing Natal karena terpapar gas beracun.

“Sebagian besar warga yang terpapar gas beracun tersebut sedang berada di sawah, di sekitar wellpad T milik SMGP. Saat semburan terjadi, warga mulai mencium bau menyengat, lalu mual, muntah hingga pingsan. Kini, lumpur panas ini mulai mengalir ke area persawahan warga,” katanya.

Baca Juga:  Seorang Lansia di Mandailing Natal Hanyut di Sungai Batang Angkola