Diduga Keracunan Akibat Hirup Kebocoran Gas, Puluhan Warga Sibangor Julu Dilarikan ke Rumah Sakit

Sebanyak 21 warga Desa Sibangor Julu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan usai menghirup kebocoran gas. (Foto: Twitter @jatamnas)

JABARNEWS | MANDAILING NATAL – Sedikitnya 21 warga Desa Sibangor Julu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan usai menghirup kebocoran gas yang terjadi di sumur panas bumi PLTP Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP), Minggu (24/4/2022).

Mereka yang dilarikan ke rumah sakit diduga keracunan akibat menghirup gas yang kelaur dari semburan lumpur panas setinggi 30 meter tersebut. Peristiwa ini terungkap dari rekaman video yang diunggah di akun Twitter Jaringan Advokasi Tambang Nasional (JATAM Nas) @jatamnas.

Baca Juga:  Satpolairud Polres Purwakarta Datangi Masyarakat di Pesisir Waduk Jatiluhur, Ada Apa?

“Sebagian besar warga yang terpapar gas beracun tersebut sedang berada di sawah, di sekitar wellpad T milik SMGP. Saat semburan terjadi, warga mulai mencium bau menyengat, lalu mual, muntah hingga pingsan. Kini, lumpur panas ini mulai mengalir ke area persawahan warga,” tulisnya, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga:  Berawal dari Otodidak, Pemuda di Naringgul Cianjur Sukses Jalani Bisnis Online

Dijelaskan juga, bahwa semburan lumpur panas ini diserati juga dengan bau gas yang menyengat.

“BREAKING NEWS. Semburan lumpur panas setinggi lebih dr 30 meter disertai dg bau gas menyengat terjadi di rig pengeboran panas bumi milik PT SMGP di Desa Sibanggor Julu, Mandailing Natal,” katanya.

Baca Juga:  Breaking News: Semburan Lumpur Panas Keluar Dari Sumur PLTP Sorik Marapi Geothermal Power