Bupati Garut Anggarkan Rp1,7 Miliar untuk Penanganan Dampak Bencana di Lima Kecamatan

Bupati Garut, Rudy Gunawan. (foto: istimewa)

Rudi menyampaikan pemerintah daerah sudah melakukan penanganan dan menetapkan sebagai Tanggap Darurat Bencana selama sepekan setelah kejadian bencana pada Kamis (22/9/2022).

Pemerintah daerah, lanjut Rudy, untuk mengatasi dampak bencana alam itu menyiapkan Rp1,7 miliar ditambah lagi bantuan dari sejumlah pihak seperti dari perusahaan.

Baca Juga:  Oded M Danial Minta Koperasi di Kota Bandung Manfaatkan Digitalisasi

Anggaran yang disiapkan itu untuk dialokasikan dan biaya membersihkan rumah yang kotor, karena diterjang banjir dengan besaran Rp300 ribu per rumah. “Dengan seribu (rumah) lebih, kurang lebih Rp300 juta,” tuturnya.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Senin 26 Desember 2022

Rudy menambahkan pemerintah menyiapkan untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat bencana alam dengan besaran maksimal Rp20 juta per rumah. “Rumah yang rusak berat, rusak ringan itu telah dilakukan perbaikan dan pemberian maksimal Rp20 juta,” ucapnya.

Baca Juga:  Luhut Binsar Pandjaitan Siapkan Charger Mobil Listrik saat Mudik Lebaran 2024

Perbaikan lainnya, yakni infrastruktur jalan maupun jembatan yang rusak akibat terdampak bencana alam. Rudy menyampaikan jajarannya juga akan mengecek bantaran sungai dan akan dilakukan pengerukan sedimentasi sungai sebagai upaya mencegah banjir.