Bupati Purwakarta Dorong Masyarakat yang Belum Tercover Asuransi Kesehatan

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Karikatur. (Dodi/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bupati Purwakarta, Jawa Barat Anne Ratna Mustika mendorong agar terjadi peningkatan kepesertaan BPJS Kesehatan di daerahnya dengan menanggung warga yang belum tercatat sebagai peserta.

“Kami peduli untuk mendorong masyarakat yang belum tercover asuransi kesehatan,” kata bupati usai Rapat Koordinasi bersama BPJS Kesehatan Cabang Purwakarta dan Karawang, di Purwakarta, Rabu 19 Januari 2022.

Baca Juga:  Mediasi Gagal, Sidang Cerai Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Lanjut ke Materi Gugatan, ini Alasannya

Ia mengatakan bahwa khusus warga di daerahnya yang kurang mampu, pemerintah daerah sudah mengalokasikan anggaran agar tercover jaminan kesehatan.

Artinya Pemkab Purwakarta memfasilitasi masyarakat yang belum tercakup asuransi kesehatan supaya bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dalam hal ini, pemerintah yang membayarkan premi BPJS mereka menggunakan APBD.

Baca Juga:  Pastikan Hak Pekerja Tersalurkan, Pemkab Purwakarta Akan Buka Posko Pengaduan

Sementara itu, kepesertaan BPJS Kesehatan warga Purwakarta dari tahun ke tahun angkanya terus meningkat. Pada Desember 2020 angkanya mencapai 89 persen, sementara hingga Desember 2021 lalu, angka kepesertaan BPJS Kesehatan warga Purwakarta sudah mencapai 90,37 persen dari jumlah penduduk.

Baca Juga:  Waduh! Sejumlah Domba Milik Warga di Tasikmalaya Mati Secara Misterius