Cegah Bencana Hidrologis di Jabar, Pemprov Gencarkan Penghijauan Lahan Kritis

Ilustrasi Hari Gerakan Satu Juta Pohon. (FOTO/iStockphoto) Baca selengkapnya di artikel "Hari Gerakan Satu Juta Pohon 10 Januari dan Manfaat Menanam Pohon", https://tirto.id/gndi

JABARNEWS | GARUT – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus melakukan upaya pencegahan terjadinya bencana alam hidrologis yang kerap terjadi ketika musim hujan. Salah satu upayanya dengan melakukan penhijauan lahan kritis.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, dalam masa kepemimpinannya selama tiga tahun sudah menanam 55 juta pohon guna mengatasi bencana alam seperti banjir dan longsor.

Baca Juga:  Soal Varian Omicron, Ridwan Kamil: Ibaratnya oleh Takdir Tuhan...

“Pemda Provinsi Jawa Barat dalam tiga tahun sudah menanam lebih dari 56 juta pohon untuk mengatasi hal-hal seperti itu, dan akan terus kita lakukan,” katanya, Kamis (21/07/2022).

Baca Juga:  Lima Wisata Kuliner Karawang, Cocok Untuk Kalian Coba

“Penanaman mangrove khususnya di laut utara Jabar juga dilakukan karena ada ratusan hektare lahan Jabar yang hilang oleh air laut, serta dilakukan pula upaya-upaya edukasi lainnya,” tambahnya.

Baca Juga:  Eril Dinyatakan Meninggal Dunia, Presiden Jokowi: Ketegaran dan Ketabahan Ridwan Kamil Jadi Teladan

Proses menjaga lingkungan memang menjadi permasalahan bersama. Oleh karena itu ia meminta warga untuk saling bahu-membahu menjaga lahan agar tetap lestari.